Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membasmi Sarang Tawon


Tawon adalah serangga terbang yang mudah dikenali karena dikenal suka menyengat bila diganggu dan warnanya yang mencolok pada beberapa spesies. Tawon termasuk dalam ordo Hymenoptera yang juga beranggotakan semut dan lebah. Tawon atau tabuhan kadang-kadang dikelirukan sebagai lebah oleh orang awam.
Di dunia ini ada sekitar 75.000 spesies tawon yang sudah diketahui manusia dan sebagian besar dari mereka hidup sebagai parasit dengan menaruh telurnya di tubuh hewan lain. Tawon bisa ditemukan di seluruh dunia, kecuali di daerah terlampau panas dan terlampau dingin.


 Tawon pasti memilik rumah layak nya manusia, untuk berteduh dari panasnya terik matahari dan dinginnya suasana ketika hujan, serangga ini sering didalam satu sarang (rumah) terdapat puluhan bahkan ratusan tawon lainnya dan memiliki ratu atau yang mengatur semua tawon

.

Tawon memiliki sengatan untuk melindungi dirinya dan rumah nya ketika mereka diganggu . hati - hatilah jika ditempat rumah,halaman,kebun anda terdapat sarang tawon. jika tidak diganggu mungkin mereka tidak akan menyerang tapi didalam hati mungkin sedikit khawatir menyerang kepada kita dan orang yang kita sayangi.

Disini saya akan menjelaskan tentang bagaimana membasmi sarang tawon, ada bahan bahan yang mungkin anda butuhkan, dan cara- cara ini pernah di coba dan sangat ampuh agar tidak ada lagi sarang tawon di sekitaran kita. Berikut inilah cara-cara membasmi sarang tawon:

1. Memasukan sarang kedalam karung.
   Bahan yang diperlukan :
  •                 Karung
  •                 Pisau/ Celurit
  •                 Pakaian aman 
  •                Senter
Langkah - langkah
  1. Sebelum melakukan membasmi lebah rencanakan terlebih dahulu jalan untuk menuju sarang dan untuk kabur ketika kejadian yang tidak diingkan terjadi.
  2. Gunakan pakaian aman untuk membasmi seperti pakai celana levis dan kaos panjang serta dilapisi jas hujan yang tebal jangan lupa gunakan penutup kepala seperti kupluk,helm, topi dan lain-lain.
  3. Pasang senter dimanasaja asalkan cahayanya menerangi sarang, ingat senter jangan di pegang oleh kita karna jika lebah keluar dari sarang mereka akan menuju cahaya itu. Simpan di tanah atau talikan ditempat yang cahayanya akan menerangi sarang lebah.
  4. Siapkan karung ,lihat dulu sarang lebah nya sebesar apa , gunakan karung yang melebihi sarang itu agar ketika kita memasukan sarang lebah tidak tergoyang oleh tangan/karung.
  5. Ketika Sarang lebah masuk semua kedalam karung gunakan pisau yang tajam untuk memotong bagian atas sarang lebah agar sarang itu jatuh kedalam karung, ketika memasukkan jangan panik ketika suara lebah mulai terdengar banyak karena lebah akan bingun ketika jalan keluarnya ketutup karung .
  6. Ketika sarang sudah masuk kedalam karung ,pergike sungai atau kolam untuk merendam karung yang berisi sarang lebah itu, diamkan 1 jam.
  7. Selesai dan perasaan anda tidak akan khawatir akan sengatan lebah.

2.Gunakan air sabun
        Bahan yang diperlukan:
  • Sabun/ Detergen.
  • Air 
  • Mesin Jet Air ( Jika Tidak Punya pinjam ke temen/saudara)
  • Pakaian pengaman
  • Senter
Langkah-Langkah
  1. Siapkan air yang banyak kira kira 3 ember cat dinding besar, campurkan sabun/detergen yang cukup banyak sehingga terlihat gelembungnya.
  2. Pasang Senter dimanapun asalkan cahayanya menerangi sarang tawon, ingat jangan dipegang senternya, simpan ditanah atau ikat di tempat yang pas.
  3.  Gunakan pakaian aman untuk membasmi seperti pakai celana levis dan kaos panjang serta dilapisi jas hujan yang tebal jangan lupa gunakan penutup kepala seperti kupluk,helm, topi dan lain-lain.
  4. Siapkan Mesin Jet Air berdekatan dengan sarang lebah, lalu semprotkan air ke sarang lebah, lebah akan otomatis mati jika terkena air sabun.
  5. Lihat sarang lebah jika sudah hancur semua maka misi anda sudah selesai dan hati-hati ada lebah yang kabur ketika anda menyemprotkan air tadi agar tidak menyengat anda.

3 Gunakan Jasa Pembasmi Sarang Tawon
            Jika anda masih belum mempunyai nyali untuk melakukan membasmi seperti diatas , langkah yang paling efektif yaitu menggunakan jasa pembasmi sarang tawon, jika di kota/kabupaten anda tidak ada maka anda bisa menghubungi Pemadam kebakaran untuk melakukan pembasmian, jika pihak pemadam kebakaran bertanya kenapa harus menggunakan jasa pemadan " Sarang lebah mengganggu kenyamanan Keluarga dan meresahkan masyarakat" takut sarang lebah itu menyerang .Mungkin jika anda menggunakan jasa akan merogeh rupiah anda.









Posting Komentar untuk "Cara Membasmi Sarang Tawon "