Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Komunikasi Antar Pribadi? Tujuan, Ciri-Ciri, Peranan, Sifat-Sifat



Komunikasi Antar Pribadi


Komunikasi antar pribadi adalah komunikasi yang berlangsung dalam situasi tatap muka antara dua orang atau lebih, baik secara terorganisasi maupun pada kerumunan orang. Kalau kita berbicara dengan teman kita berarti itu adalah komunikasi antarpribadi.

Tahapan komunikasi


komunikasi transendental adalah komunikasi antara kita dengan tuhan seperti kita sedang berdo'a, ini adalah komunikasi paling dasar.
komunikasi intrapribadi  komunikasi antara diri sendiri didalam hati atau pikiran kita, misalkan "hari ini aku telat!", "aku harus gimana ya?".


Tujuan


  • Mengenal diri sendiri atau orang lain
    Komunikasi antarpribadi memberikan kita kesempatan untuk memperbincangkan diri kita sendiri, belajar bagaimana sejauh mana terbuka pada orang lain serta mengetahui nilai, sikap dan perilaku orang lain sehingga kita dapat menanggapi dan memprediksi tindakan orang lain. ( kalau kita tidak bisa komunikasi dengan baik , bagaimana kita menilai sikap orang, respon orang dll).
  • Mengetahui dunia luar
    Komunikasi antar pribadi memungkinkan kita untuk memahami lingkungan kita baik objek, kejadian dan orang lain. Nilai, Sikap keyakinan dan perilaku kita banyak dipengaruhi dari komunikasi antar pribadi.
  • Menciptakan dan memerihara hubungan menjadi bermakna
    Komunikasi AntarPribadi yang kita lakukan banyak bertujuan untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang baik dengan orang lain. Hubungan tersebut membantu mengurangi kesepian dan ketegangan serta membuat kita lebih positif tentang diri kita sendiri.
  • Mengubah sikap dan perilaku
    Banyak waktu yang kita pergunakan untuk mengubah/ mempersuasi (memperintah orang lain untuk mengerjakan sesuatu, dan orang itu akan mengerjakannya) orang lain melalui komunikasi antarpribadi.
  • Bermain dan mencari hiburan
    Menceritakan Kejadian lucu merupakan kegiatan untuk memperoleh hiburan. Hal ini bisa memberi suasana yang lepas dari keseriusan, ketegangan, kejenuhan dsb.
  • Membantu orang lain
    Sebetulnya  komunikasi antar pribadi juga bisa untuk membantu orang lain, dengan mendengarkan keluh kesahnya mereka dan untuk melihat solusi dari kita selaku pendengar dan kita selaku pendengar bisa langsung memberikan solusinya.



Ciri-ciri Komunikasi AntarPribadi yang Efektif


  • Keterbukaan (Openess)
    Jika kita bisa menceritakan urusan pribadi/teman kita kepada orang lain, dia selaku pendengar menjadi lebih percaya kepada kita dan sebaliknya, yang menjadikan saling percaya bahwa dia adalah pendengar yang baik dan bisa menjaga rahasia.
  • Empaty (Empathy)  
    Kita selaku orang yang ingin berbicara harusnya menjadikan dia selaku pendengar kita harus bisa menerima dan mendengarkan dia berbicara, jangan jadikan kita yang lebih dominan berbicara yang menjadikan lawan bicara kita boring karena hanya mendengarkan, yang di takutkan dia tidak mau mendengarkan pembicaraan kita lagi
  • Dukungan (Supportiveness)
    Bagaimana kita memberikan kata-kata verbal kepada orang lain, tanpa harus menjatuhkan orang lain.
  • Rasa Positif ( Positiveness)
    Kita selaku pembicara tidak pernah mengeluarkan kata-kata kasar,negative. Yang menjadikan pendengar kita menjadi aman ketika berbicara dengan kita.
  • Kesetaraan
    Kita akan merasa nyaman sebagai pembicara jika lawan bicara kita lebih tua dari kita, jabatannya lebih tinggi dari kita, karena mereka ketika berbicara sopan dan baik walaupun pangkat atau umur kita lebih rendah darinya.



Peranan Komunkasi AntarPribadi


Komunikasi antarpribadi membantu perkembangan intelektual dan social kita, jadi jika kita sering berkomunikasi dengan orang lain menjadikan wawasan dan ilmu kita bertambah yang menjadikan lawan bicara kita menjadi lebih senang saat bicara dengan kita

Identitas atau jati diri kita terbentuk dalam dan lewat komunikasi dengan orang lain, ketika kita awal bertemu dan berbicara dengan orang lain kita akan lihat identitas dari dirinya jika dia ramah dan enak di ajak berbicara berarti orang itu friendly walaupun baru pertama kali bertemu.

Kesehatan mental kita sebagian besar juga ditentukan oleh kualitas komunikasi atau hubungan kita dengan orang lain, terlebih orang-orang yang merupakan tokoh-tokoh signifikan dalam hidup kita. Jika kita lebih sering berbicara kasar, kotor dan makian kepada orang lain mungkin kesehatan mental kita lagi tidak baik.



Sifat-Sifat dari komunikasi Antar Pribadi


  1. Komunikasi antar pribadi melibatkan didalamnya perilaku verbal dan non verbal, ketika kita berbicara (verbal) dengan orang maka selain berbicara otomatis tubuh kita (non verbal) ikut bergerak seperti saat orang lain menanyakan alamat dan kita menunjukan dengan tangan kita.
  2. Komunikasi antarpribadi melibatkan pernyataan atau ungkapan yang spontan, ketika kita berbicara dengan orang lain biasanya akan disertai dengan kebiasaan atau pernyataan dari dasar diri kita, seperti orang yang sering asbun (asal bunyi) saat berbicara, ataupun dengan orang latah.
  3. Komunikasi antarpribadi tidaklah statis melainkan dinamis, karena komunikasi antarpribadi tidaklah beraturan sebab dipengaruhi oleh sikap dan suasana dari seseorang.
  4. Komunikasi antarpribadi melibatkan umpan balik pribadi, hubungan interaksi dan koherensi, karena komunikasi antarpribadi bersifat tatap muka dengan lawan bicara kita, dan ketika kita berbicara maka lawan bicara kita akan otomatis menjawab tanpa harus menggunakan media lain terlebih dahulu.
  5. Komunikasi antarpribadi merupakan suatu kegiatan dan tindakan, jadi ketika kita akan mulai komunikasi pasti ada tindakan yaitu ajakan untuk melakukan komunikasi, dan ketika kita berkomunikasi itu adalah tindakannya, atau bisa juga ketika kita sedang berkomunikasi dan mendapatkan intisari dari komunikasi tersebut dan mulai melakukan tindakannya seperti kita ngobrol akan pergi ke suatu mall, lalu berangkat ke mall tersebut.



Kesimpulan


Komunikasi antarpribadi dapat didefinisikan sebagai proses hubungan yang tercipta, tumbuh dan berkembang antara komunikator ( pembicara) dengan Komunikan ( pendengar) dengan gayanya sendiri menyampaikan pesan kepada komunikan, sedangkan komunikan dengan gayannya sendiri menerima pesan dari sumber (komunikator). Dengan gaya, kedinamisan, kesadaran dan hubungan yang akrab dari masing-masing pihak maka komunikasi it uterus tumbuh dan berkembang hingga dicapai persepsi dan tujuan bersama. Dalam hal ini komunikasi antarpribadi lebi menekankan hubungan antarpribadi sehingga komunikasi antar pribadi yang terjadi menjadi lebih efektif.
















persuasi itu mempengaruhi orang untuk mengikuti perintah kita/ membujuk. orang yang suka memerintah dan ada yang mematuhinya.


2 komentar untuk "Apa Itu Komunikasi Antar Pribadi? Tujuan, Ciri-Ciri, Peranan, Sifat-Sifat"