Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bisnis Es Kelapa Muda dengan Gula Putih Asli

 


Kelapa Muda merupakan buah dari pohon kelapa yang memiliki beragam kegunaan, mulai dari makanan, minuman sampai kosmetik. Buah Kelapa muda memiliki bermacam manfaat baik untuk tubuh manusia, daging dari kelapa muda memiliki beberapa manfaat seperti untuk mengurangi berat badan, baik untuk pencernaan bahkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain daging kelapa muda ada juga air kelapa muda yang memiliki vitamin, protein dan mineral yang signifikan berguna baik untuk daya tahan tubuh.

Air didalam satu kelapa muda biasanya sekitaran 500 ml tergantung kelapa sedang atau gumeho (daging kelapanya seperti jely), dan untuk satu manggar (tangkai) kelapa biasanya berjumlah 16 kelapa tergantung jenis dan ukuran pohon kelapanya. 


 Begini Cara Bisnis Es Kelapa Muda dengan Gula Putih Asli!

Sebelum kita memulai pembahasan cara bisnis es kelapa muda dengan gula putih asli alangkah baiknya kita harus survey dulu lokasi yang akan kita pakai untuk mulai bisnis, lihat saingan bisnis es kelapa muda apakah ada atau tidak? dan apabila sudah ada yang saingan bisnis es kelapa muda lihat jaraknya apakah dekat atau jauh, apabila orang yang bisnis es kelapa muda dekat jaraknya dari lokasi yang rencana kita akan buka maka coba anda lihat menu apakah yang tersedia yang dijual dari bahan dasar es kelapa muda, apabila saingan kita hanya menjual es kelapa muda dengan gula putih atau aren saja kita harus mencoba inovasi baru seperti dengan dicampur sirup marjan dengan aneka rasa, ditambah dengan buah alpukat, sirsak dan sebagainya kita bisa lihat referensi lain di internet seperti Google atau Youtube yang memudahkan kita untuk mencari segala informasi dengan mudah. Bisnis es kelapa muda dengan gula putih juga bakal meningkat pada bulan ramadhan dan peminatnya juga meningkat karena diminum saat waktu magrib buka puasa yang bikin segar pada tenggorokan dan tubuh peminumnya.

Buah Kelapa Muda


Yang pertama dibutuhkan untuk bisnis es kelapa muda adalah bahan dasar buah kelapa muda, gula putih yang telah dicairkan dan es kristal. Apabila anda tidak mempunyai pohon kelapa muda jangan khawatir! saat ini banyak agen supplier kelapa muda dengan berbeda jenis dan ukuran biasanya untuk es kelapa muda kerokan menggunakan kelapa ijo yang relatif harganya lumayan murah dan untuk kelapa muda obat biasanya kelapa ijo dengan serat merah nah untuk melihat kelapa muda obat kita harus mengkupasnya sedikit saja untuk melihat apakah ada serat merahnya. Untuk harga kelapa muda kerokan dari supplier untuk daerah Jawa Barat kisaran harga Rp. 4.500 sampai Rp. 6.000 asal dari kelapanya biasanya dari daerah Cianjur, Garut, Banjar dan Ciamis, nah untuk harga daerah lain biasanya berbeda. Untuk mencari supplier agen buah kelapa anda bisa mencari dengan bertanya kepada penjual es kelapa muda di sekitar daerah tapi disarankan lokasinya yang cukup jauh ditakutkan sipenjual yang dekat dengan lokasi tidak memberikan informasinya karena takut menjadi pesaing baru, apabila sudah bertanya kepada para penjual es kelapa muda dan tidak mendapatkan jawaban yang diinginkan, anda bisa mencari di forum grup facebook seperti Jual Beli Kelapa Tua & Muda Indonesia,  Para Pengusaha Kelapa Muda dan Tua SeJABODETABEK dan Grup Jual Beli Kelapa Muda/Ijo Daerah Sukabumi,  Cianjur & Banten cukup bergabung dengan gruf setelah diterima coba cari agen yang dekat dengan daerah anda atau anda bisa cari di marketplace facebook dengan kata kunci kelapa muda. Minimal pembelian ke agen supplier kelapa muda supaya dikirim ke lokasi biasanya berkisar 200 kelapa karena menurut para agen kelapa "tanggung nganter ke lokasi kalau pembeliannya sedikit karena biaya ongkos kirimnya" kalau misalnya anda takut barangnya tidak habis karena baru mulai bisnis es kelapa mudanya anda bisa membeli sesuai yang diinginkan tapi harus diambil sendiri. 

Cara untuk membedakan kelapa muda kerokan dan sedang (gumeho, daging kelapanya masih sedikit dan berbentuk jely) cukup dengan menepuk dengan tangan kanan kelapanya dan bawahnya ditahan oleh tangan kiri apabila ketika ditepuk agak bergetar pada tangan kiri kelapanya berarti itu kelapa sedang, nah apabila ketika ditepuk kelapanya tidak agak getaran atau ampeg (kalau bahasa sunda) berarti itu pas untuk kelapa kerokan karena daging kelapanya cukup tebal dan banyak.  



Membuat Gula Putih Cair Asli

 Langkah Selanjutnya yang dibuthkan yaitu Gula Putih Cair untuk penambah manis pada kelapa muda atau menstabilkan rasa pada air kelapa muda. Bahan baku yang dibutuhkan sangat sederhana yaitu Gula pasir, Air tawar, Daun Pandan. Langkah-langkah untuk membuat gula putih cair sebagai berikut :

  1. Gula Pasir 500 ml
  2. Air Tawar 500 ml 
  3. Daun Pandan 3/5 lembar, apabila tidak ada anda bisa menggunakan perisa pandan
Alat-alat yang digunakan untuk proses pengolahan gula putih cair:
  1. Panci
  2. Wadah takaran untuk air tawar
  3. Sendok Sayur
Cara untuk mengolahnya juga sangat mudah, berikut cara untuk mengolah gula putih cair :
  1. Siapkan Air tawar sejumlah 500 ml dan masukan kedalam panci. Untuk jumlah yang lebih banyak gula atau airnya dengan perbandingan 1:1 atau 1:1,5.
  2. Lalu panaskan panci menggunakan kompor
  3. Tuangkan Gula Pasir 500 ml ke dalam panci
  4. Masukan Daun Pandan secukupnya untuk penyedap rasa, jangan terlalu banyak karena dikhawatirkan nanti rasanya menjadi pahit.
  5. Aduk menggunakan sendok sayur sampai air mendidih, setelah air mendidih lalu matikan kompor
  6. Selesai
Disarankan untuk tidak menggunakan pemanis buatan karena gulanya sudah tidak asli dan biasanya pelanggan tidak menyukai pemanis buatan dan ada juga yang pasti merasa ketika meminum es kelapa muda memakai pemanis buatas, biasanya orang yang sudah faham rasa minuman yang ditambahkan pemanis atau penggemar es kelapa muda.

Susu Kental Manis

Untuk susu kental manis biasanya menggunakan susu kental manis putih, untuk merknya anda sesuaikan dengan budget dan jangan terlalu yang harganya mahal karena bisa jadi harga penjualannya bakal lumayan untuk menutupi HPP bahan baku. Biasanya untuk para penjual es kelapa muda menggunakan susu kental manis putih yang kemasannya berwarna kuning 500g, karena harga relatif murah dan terjangkau untuk penjual. Anda bisa membeli di grosir dengan jumlah yang cukup banyak supaya harga pembeliannya sedikit miring dari harga warungan.

Cara Menyajikan Es Kelapa Muda 



Setelah memotong kelapa muda dan memindahkan gula putih cair yang telah di olah tadi selanjutnya anda lakukan proses penyajiannya, cukup mudah dilakukan alat perabotan yang digunakan cukup sendok, gelas, sedotan dan sendok sayur. Untuk harga satu porsi es kelapa muda disesuaikan dengan ukuran gelas dan apabila menggunakan topping harga menjadi menambah, jangan lupa survey dulu harga es kelapa muda sekitaran lokasi anda untuk menyesuaikan harga.

Proses Penyajian es kelapa muda:
  1. Siapkan Gelas ukuran 500ml
  2. Masukan 2 sendok sayur gula putih cair kedalam gelas.
  3. Masukan 3 sendok sayur air kelapa muda kedalam gelas.
  4. Masukan daging kelapa secukupnya.
  5. Tambah susu kental manis secukupnya
  6. Tambah es batu supaya kelapa muda menjadi lebih segar ketika diminum
  7. selesai deh.
Sebelum anda disajikan kepada pelanggan alangkah baiknya anda tester dulu supaya rasanya menjadi khas, dan takaran pada proses penyajiannya menjadi berubah sesuai selera anda.

Catatan : Sebelum anda membeli kelapa muda alangkah baiknya survey harga dari lokasi kota anda, supaya mendapat harga yang lebih minimum. Dan untuk penyimpanan kelapa muda disarankan jangan terkena panas dan hujan supaya kelapa tidak terlihat peyot. Untuk proses penyajian sesuaikan saja selera dan harga bisa sesuaikan takaran gelasnya.

Terima kasih telah membaca .
Ditunggu di Post artikel :).

Posting Komentar untuk "Cara Bisnis Es Kelapa Muda dengan Gula Putih Asli"