Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Latar Belakang Masalah Skripsi beserta Contohnya

Membuat Latar Belakang Masalah Skripsi


Kalian pasti pernah membuat suatu karya ilmiah penelitian tentang suatu permasalahan maupun itu di masyarakat ataupun pada perusahaan, apalagi kamu ketika akan membuat suatu karya ilmiah skripsi pasti fokus utama di Bab 1 adalah point pada latar belakang masalah, apabila permasalah dan solusi yang ditawarkan tidak sejalan pasti bakal ada revisi dari dosen pembimbing yang membuat kita pusing harus melakukan revisi terus.

Manfaat ketika kita membuat suatu latar belakang masalah yaitu untuk melihat permasalah apa yang ada disuatu perusahaan atau masyarakat yang sedang terjadi pada saat yang alur yang sedang berjalana saat penelitian, dari mulai melakukan pengumpulan data yang berhubungan dengan permasalahan, wawancara kepada narasumber yang tepat, sampai observasi langsung dilapangan melihat kondisi yang sedang berjalan. Apabila kita sudah menemukan permasalahan sesuai data dan wawancara maka kita akan mengajukan suatu solusi untuk memecahkan permasalahan yang sedang terjadi, dari mulai metode untuk penyelesaiannya juga disampaikan.

Suatu latar belakang masalah yang baik dan berhubungan sesuai data dan masalah yang terjadi membuat kita ketika akan melakukan sidang proposal ataupun sidang akhir skripsi tidak mudah terbantahkan dan kita bisa berargumen ketika penguji mengajukan suatu pertanyaan perihal permasalahan yang terjadi, jika pertanyaan-pertanyaan para penguji dapat dijawab dengan baik maka suatu karya ilmiah kita bisa dianggap berkompeten oleh para dosen penguji atau dosen pembimbing

Apa itu Latar Belakang Masalah ?

Latar belakang masalah menurut artikel dari Universitas Raharja adalah suatu informasi yang tersusun sistematis berkenaan dengan fenomena dan masalah problematik yang menarik untuk diteliti. Ketika akan membuat suatu karya ilmiah skripsi, tesis dll sebuah latar belakan masalah adalah suatu inti dari karya ilmiah karena membahas suatu data informasi penting yang menjelaskan suatu permasalahan sehingga mendapat kesimpulan untuk memberikan suatu solusi, dan kenapa peneliti harus memilih topik penelitian dan solusi apa yang ditawarkan untuk memecahkan permasalah yang terjadi.

Poin-Poin Penting Membuat Latar Belakang Masalah

Untuk membuat suatu latar belakang masalah yang baik seharusnya ada acuan ketika kita membuatnya, bisa dari dosen pembimbing atau kita bisa mencari referensi lain pada e-lib kampus atau artikel ini, sehingga ketika menjelaskan kepada dosen pembimbing dan dosen penguji dapat dimengerti dari mulai permasalah yang terjadi dan solusi yang ditawarkan oleh peneliti. Berikut Poin-Poin penting dalam membuat latar belakang masalah:
  1. Jelaskan terlebih dahulu profil perusahaan atau profil masyarakat yang akan dilakukan penelitian
  2. Buktikan dengan data dan fakta yang terjadi dilapangan dengan cara melakukan wawancara, observasi lapangan ataupun kuesioner. Dengan hasil data yang telah didapatkan lalu dijabarkan masalah yang terjadi, sehingga diperlukan suatu metode baru untuk memecahkan permasalahan.
  3. Setelah mendapatkan data dan fakta yang terjadi dilapangan selanjutnya lakukan analisis permasalahan sesuai data yang telah diperoleh sehingga mendapatkan suatu kesimpulan untuk diberikan metode baru untuk menyelesaikan permasalahan. 
  4. Tahap yang terakhir jelaskan mengapa anda melakukan penelitian tersebut, manfaat apa yang diperoleh untuk objek penelitian dan anda sebagai peneliti.

Alur Membuat Latar Belakang Masalah

Dalam membuat suatu latar belakang biasanya terdapat minimal 3 Paragraf, sesuai mekanisme pembuatan karya ilmiah di sekolah atau universitas. Bagian paragraf pertama yaitu anda dapat menjelaskan profil singkat objek penelitian seperti perusahaan, masyarakat atau instansi.

Bagian paragraf kedua anda bisa menjelaskan permasalah yang terjadi dengan dilengkapi data atau fakta yang terjadi di lapangan dengan cara melakukan wawancara, observasi lapangan atau kuesioner. Jangan lupa kita harus mencari referensi ahli yang telah melakukan penelitian sesuai studi kasus yang sama. Jelaskan solusi berupa metode yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalah yang terjadi.

Bagian paragraf ketiga bisa menyampaikan manfaat solusi metode yang dipilih untuk menyelesaikan permasalahan sehingga dapat terselesaikan atau saran untuk pokok pembahasan dalam karya ilmiah yang sedang dilakukan penelitian sehingga mendapatkan suatu judul penelitian.

Contoh Latar Belakang Masalah Skripsi

        CV. Xyz 2 merupakah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang distributor dan penjualan eceran baja ringan, besi dan bahan bangunan lainnya [Lampiran 16, 17], Pelanggan yang ada di CV. Xyz 2 terdiri dari perusahaan bangunan, pemilik proyek perumahaan dan perorangan. Semakin banyaknya kebutuhan bahan bangunan sehingga pertambahan pelaku bisnis dibidang penjualan bahan bangunan menjadi semakin meningkat juga. CV.Xyz 2 sebagai perusahaan yang sudah lama berkecimpung dalam bidang penjualan bahan bangunan yang merupakan cabang dari PT. Xyz, perlu memikirkan bagaimana caranya agar usaha dalam bisnis tersebut dapat mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru untuk pembelian produk sehingga dapat memperoleh keuntungan yang meningkat. 

        Berdasarkan wawancara dengan Bapak Budi selaku Kepala gudang dan Administrasi, menyatakan bahwa keadaan yang ada saat ini berdasarkan pola pembelian pelanggan perorangan hanya kategori baja, besi dan reng saja yang pembeliannya sangat tinggi [Lampiran 22], begitu juga dengan pola pembelian perusahaan [Lampiran 25]. Berdasarkan data produk dengan kategori pada periode Juli 2019 sampai dengan Maret 2020 yang sering terjual hanya kategori Besi 23.30%, Baja 22.01%, dan Reng 42.13% yang persentasenya terjualnya sangat tinggi [Lampiran 18, 19], dapat disimpulkan bahwa produk yang yang paling banyak dibeli oleh setiap pelanggan adalahproduk kategori besi, baja dan reng, padahal CV. Xyz 2 juga menjual perlengkapan bahan bangunan yang lain seperti Plat, Semen, Paku, Keramik dll, sehingga produk yang lain kurang dalam penjualan dan ketika perusahaan akan membeli stok produk menjadi tanggung karena produk kurang dalam penjualan yang disimpan di gudang terlalu lama. Pihak perusahaan berharap produk yang 2lain bisa lebih banyak terjual dengan adanya fasilitas rekomendasi produk supaya mempermudah pelanggan dalam mendapatkan informasi rekomendasiproduk yang sesuai kebutuhannya [1], dan menambahkan rekomendasi produk paketan sesuai keputusan perusahaan. Selain itu, para pelanggan kesulitan jika ingin mencari produk yang dibutuhkan [lampiran 13], harus menanyakan terlebih dahulu kepada karyawan perusahaan dikarenakan tidak adanya informasi produk apa saja yang di jual di perusahaan, dengan melalui telepon atau datang langsung ke lokasi perusahaan. Pihak perusahaan juga dalam menarik minat calon pelanggan baru hanya dengan memberi informasi rekomendasi produk beserta diskon yang sering terjual dengan melalui cetak baliho, dengan cara memasangkan didepan perusahaan atau membayar pajak untuk bisa memasang ditempat umum, kekurangannya biaya yang cukup mahal dan jangkauannya terbatas.

        Oleh karena itu, Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Budi dapat disimpulkan bahwa perusahaan membutuhkan suatu sistem untuk membantu pihak perusahaan dalam merekomendasikan produk kepada pelanggan. Sehingga dengan adanya sistem rekomendasi produk perusahaan dapat meningkatkan penjualan produk yang kurang dalam penjualannya serta 3mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru. Strategi yang dibutuhkan yaitu dengan konsep Customer Relationship Management (CRM), diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menjual produk untuk meningkatkan profit perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan maka dibutuhkannya “REKOMENDASIPRODUK DENGAN KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT”.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Latar Belakang Masalah Skripsi beserta Contohnya"