Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Internet Of Things, Serta Manfaat dan Cara Kerja Internet Of Things

Pada zaman digitalisasi sekarang sangat meningkat pesat sekali untuk alat kegunaan yang memanfaatkan internet, sehingga setiap bulan atau tahun pasti ada suatu perubahan atau penemuan suatu alat yang baru dan canggih. Salah satunya penemuan baru yaitu Internet Of Things atau disingkat IOT menurut wikipedia sebuah konsep yang memiliki manfaat untuk memperluas konektivitas internet secara terus menerus. 

manfaat iot


Pengertian Internet Of Things

Internet Of Things adalah sebuah konsep yang memiliki manfaat untuk memperluas konektivitas internet secara terus menerus yang memungkinkan objek alat fisik dapat melihat, mendengar dan berkomunikasi bersama sehingga dapat mengkordinasikan suatu keputusan informasi. Internet Of Things atau lebih dikenal dengan IOT mengalami perkembangan yang sangat pesat, maupun penemuan suatu alat IOT baru atau pembaharuan yang lebih canggih karena memanfaatkan suatu teknologi sensor, teknologi komunikasi dan internet protokol/ suatu produk aplikasi.

Internet Of Things memiliki konsep yang bertujuan untuk internet menjadi lebih berkembang dan dapat digunakan secara meluas, serta dapat diakses dengan mudah dengan berbagai macam perangkat kegunaan seperti alat rumah tangga, sensor pemantau indoor/outdoor, kamera cctv, pertanian, perternakan dan sebagainya.

Tantangan utama dalam dunia Internet Of Things menurut sebuah karya ilmiah jurnal adalah menghubungkan dunia fisik dan dunia informasi, lalu diolah data dari peralatan elektronik dengan melalui interface antara user dan peralatan, sensor mengambil data mentah dari kejadian real time lalu diubah menjadi kedalam format yang dapat dimengerti oleh mesih sehingga mudah dipertukarkan antara dalam berbagai macam format data. 

Cara Kerja Internet Of Things

Pada setiap alat memiliki sebuah Internet Protocol (IP) sebagai sebuah identitas utama dalam jaringan yang dapat dikenali oleh alat internet lain dalam jaringan yang sama,serta memanfaatkan sebuah algoritma bahasa pemrograman dimana setiap kerja menghasilkan interaksi antara alat mesin yang dijalankan secara otomatis tanpa campur tangan manusia dalam jarak berapapun dengan memanfaatkan koneksi internet. Manusia hanya sebagai pengawas dan pengatur alat untuk dapat mempermudah pekerjaan. Faktor terpenting dalam IOT adalah koneksi internet yang berfungsi untuk menghubungkan antara alat mesin dan sistem.

Kendala terbesar dalam IOT adalah dalam menghubungkan koneksi jaringannya sendiri, yang memiliki jaringan yang kompleks dan rumit, serta memerlukan suatu kemanan jaringan yang sangat kuat supaya tidak ada campur tangan pihak lain, selain itu biaya sumber daya juga sangat mahal sehingga tidak semua kota/perusahaan yang memanfaatkan teknologi IOT.

Manfaat Internet Of Things

Manfaat untuk kehidupan sehari-hari sangat banyak sekali salah satunya untuk meningkatkan efektivitas suatu pekerjaan dan tergantung pekerjaan apa yang sedang kita kerjakan, seperti untuk memonitoring ketinggian air dan mengontrolnya, seorang peternak ayam untuk pencatatan suhu, kelembaban dan amoniak dalam kandang. 



Posting Komentar untuk "Apa Itu Internet Of Things, Serta Manfaat dan Cara Kerja Internet Of Things"