Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Etika Mahasiswa Menghubungi Dosen Via SMS atau WA




Kita selaku Mahasiswa pasti harus memiliki sopan santun yang baik kepada orang yang umurnya lebih tua dari kita, orang yang seumuran bahkan orang yang umurnya dibawah kita, Mahasiswa pasti menjadi contoh di kalangan masyarakat oleh karena itu kita harus memiliki rasa sopan santun, maupun ketika bertemu tatapan langsung atau ketika kita menghubunginya melalui perangkat lunak pengirim pesan. Dalam bersosialisasi kita bisa dinilai kepribadian kita dari cara berbicara dengan orang lain, cara bersikap ketika berhadapan dengan orang lain, karena biasanya orang-orang akan menilai seseorang ketika awal bertemu maupun sudah lama bertemu dari cara berbicara dan bersikap kepada orang yang dihadapinya.

Apalagi kita sebagai mahasiswa pasti butuh dengan dosen, sekjur atau yang berhubungan dengan kampus, kita ketika bersosialisasi di lingkungan kampus harus memakai etika apalagi ketika bersosialisasi dengan dosen, sekjur maupun dengan teman satu kelas. Biasanya mahasiswa akan menghubungi dosen ketika akan ada kebutuhan tentang akademik yaaa tidak mungkin dong curhat ke dosen hehehe, kebutuhan ketika menanyakan apakah ibu atau bapak dosen masuk hari ini tapi kalian harus menunggu didepan kelas terlebih dahulu sebelum menanyakan, nah apabila sudah lebih dari 15 atau 30 menit ditunggu dosen masih belum ada baru kalian hubungi oleh salah satu perwakilan kelas saja takutnya apabila dihubungi serentak nanti dosennya malah marah dianggap tidak sabaran. Apalagi ketika kita sedang menyusun tugas akhir skripsi pasti akan sangat butuh dengan dosen harus bimbingan, revisi maupun acc draft skripsi.

Ketika kita menghubungi dosen pasti harus dilakukan dengan sopan santun dan jangan terburu-buru, bedakan cara mengobrol dengan dosen walaupun via SMS atau Whatsapp, takutnya ketika kita sangat butuh dosen dan sedang di kejar deadline malah menghubungi dengan tidak sopan layaknya kita melakukan chatting bersama teman atau sahabat sendiri, eh malah dosennya marah dibilang tidak sopan dan harus meminta maaf, nah enak kalau minta maaf dan dosen kembali baik gimana kalau dosennya pundung dan tidak mau lagi di chat sama kita selaku mahasiswa mati deh tugas akhir kita.

6 Etika Mahasiswa Menghubungi Dosen Via SMS atau WhatsApp

  1. Perhatikan Waktu

    Yang harus diperhatikan pertama yaitu waktu ketika menghubungi Dosen, ketika akan mengirim pesan harus dilakukan pada saat hari dan jam kerja yang berlaku pada universitas kita, tidak boleh kita mengirim pesan pada waktu istirahat, beribadah atau hari libur, dosen juga manusia dan membutuhkan waktu yang tenang tanpa harus mengingat pekerjaannya atau butuh waktu istirahat di rumah.

    Kecuali ketika dosen menyuruh kita harus menghubungi kembali di hari libur ketika melakukan bimbingan di hari kerja karena mungkin draft yang dibahas masih belum selesai, atau dosennya hanya ada waktu luang di hari libur saja maka kalian sebagai mahasiswa silahkan untuk menghubungi dosen pada hari libur.

  2. Penggunaan Bahasa

    Pada saat menghubungi dosen via SMS atau WA kita harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan dan perhatikan juga kalimat yang dipakai apakah cocok untuk disampaikan ke dosen, takutnya ketika menghubungi dosen dengan kalimat kurang sopan dan ambigu malah dosennya marah dan kebingungan maksud isi pesannya, dan jangan menggunakan kata singkatan walaupun katanya panjang atau bahkan nama kita sendiri sebisanya harus lengkap, ya tidak capek juga harus mengetik panjang juga.

  3. Perkenalan Diri

    Ketika kita akan baru memulai suatu percakapn dengan Dosen harus dimulai dengan ucapan salam terlebih dahulu lalu setelah itu perkenalkan identitas kita sebagai nama, nim, program studi dan kelas mata kuliah yang sedang dikerjakan, sesuaikan dosen yang kita hubungi dengan mata kuliahnya, kita mau menanyakan perihal perkuliahan ke dosen mata kuliah Bahasa Inggris eh menghubunginya malah ke Dosen Baha Indonesia tidak nyambungkan jadi aneh nantinya.

    Contoh kalimat ketika menghubungi dosen dengan perkenalan diri "Assalamualaikum Ibu Melany, Saya Muhammad Rinaldi Iswantoro dengan NIM 101166213 Mahasiswa Sastra Inggris kelas SI 2, ingin bertanya (baru kalimat yang akan disampaikan)", walaupun kalimatnya menjadi panjang tidak masalah, yang penting dosen dapat menerima pesannya dan membalasnya dengan baik.

  4. Pakai Kata Permohonan

    Setelah melakukan perkenalan diri ke Dosen, kalimat selanjutnya tambahkan atau gunakan kata "Mohon maaf, apabila ibu/bapak berkenan" Atau ketika kita selaku mahasiswa membutuhkan bantuan ke ibu/bapak dosen, biasanya ketika mahasiswa mempunyai masalah administrasi atau masalah lainnya menghubungi ke dosen wali kita. Pakai kata "Ibu atau bapak Mohon bantuannya, apabila berkenan saya mempunyai masalah belum di konfirmasi kelas.....".

  5. To The Point

    Perkenalan diri sudah, menambakan kata Mohon maaf sudah, selanjutnya sampaikan informasi isi pesan apa yang akan disampaikan, tuliskan pesan keperluan dengan jelas dan singkat, tidak bertele-tele atau kepanjangan.

    Supaya dosen ketika membaca informasi isi pesan kita tidak merasa ambigu atau mood dosennya sedang tidak baik dan malah kita mengirim pesan sangat panjang tapi inti informasinya hanya sedikit seperti hanya perlu tanda tangan dosen saja.


  6. Terima Kasih

    Setelah informasi pesan telah disampaikan secara singkat dan jelas, jangan lupa Akhiri pesannya dengan ucapan Terima Kasih, dan apabila kita menambahkan salam penutup kembali juga lebih baik. Perhatikan juga ketika kita sudah tidak akan lagi melakukan percakapan via sms atau wa harus diakhiri dengan percakapan kita, walaupun dosen mengirim pesan ucapan "terima kasih" alangkah baiknya balas lagi. Nah apabila dosen membalas kembali "sama-sama" alangkah baiknya balas dengan baik ibu.

Contoh kalimat menghubungi Dosen "Assalamualaikum Ibu Melany, Saya Muhammad Rinaldi Iswantoro Mahasiswa program studi Sastra Inggris dengan Nim 101166213.Mohon Maaf ibu apakah besok ada waktu untuk melakukan bimbingan tugas akhir bersama saya dan mahasiswa bimbingan dengan dosen pembimbing ibu? Terima Kasih ibu

Posting Komentar untuk "6 Etika Mahasiswa Menghubungi Dosen Via SMS atau WA"