Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Belanja Online Secara Aman Supaya Terhindar Dari Penipuan


Tips aman belanja secara online

Pada jaman digitalisasi sekarang sudah tidak asing lagi dengan belanja online, selain akan mempersingkat waktu ketika memilih suatu produk yang akan dibeli kita juga tidak perlu repot-repot harus pergi ke swalayan atau toko, dan tidak harus repot mengelilingi semua toko untuk membandingkan harga suatu produk yang termurah apalagi pada masa pandemi covid-19 yang dikhawatirkan adanya kerumunan di sebuah swalayan atau toko yang dapat menyebarkan virus covid-19. Kita hanya perlu masuk ke platform e-commerce kesayangan anda lalu scroll terus sampai harga dan produk yang sesuai diinginkan telah didapat.

Kemudahan dalam berbelanja secara online selain banyak sekali manfaatnya ada juga orang yang memanfaatkan untuk melakukan aksi penipuan. Mulai dari produk yang telah dibayar tidak dikirim ke pembeli, menjual produk yang palsu sampai produk yang diposting untuk dijual ketika sampai ke pembeli tidak sesuai dengan yang dipostingnya.

Untuk menghindari tindakan dari penipuan ketika berbelanja secara online kita harus teliti sebagai pembeli, sebelum melakukan pembayaran kepada penjual online beginilah langkah-langkah untuk berbelanja online secara aman supaya terhindar aksi penipuan.

Tips Belanja Online Yang Harus Diperhatikan Supaya Terhindar Dari Penipuan!

  1. Pastikan Onlineshop Dapat Dipercaya

    Langkah yang harus dicermati pertama yaitu dengan melihat Onlineshop yang telah kita kunjungi, dengan cara melihat review dari para pelanggan atau anda bisa bertanya di forum-forum facebook atau kaskus tentang online shop yang telah kita kunjungi.

    Apalagi onlineshop memiliki situs yang resmi dengan berisi informasi alamat perusahaan atau toko, informasi nomor telepon atau email yang dapat dihubungi.

    Tolak ukuran dari review para pelanggan yang telah melakukan transaksi dan informasi yang detail tentang perusahaan atau toko dapat menjadi ukuran bahwa onlineshop dapat dipercaya.


  2. Lihat Testimoni Dari Pelanggan Yang Telah Melakukan Transaksi

    Apabila telah melakukan riset tentang onlineshop yang menjadi incaran, selanjutnya lihat testimoni dari produk yang kita akan beli apakah produk yang dikirim sesuai dengan yang ada dipostingan.

    Walaupun onlineshop dapat dipercaya biasanya pasti ada saja kesalahan pengiriman dari produk, entah karena kecerobohan pekerja ketika packing atau memang sengaja karena produk yang diposting sudah habis dan dikirim tidak sesuai dengan postingan tanpa konfirmasi pembeli terlebih dahulu.


  3. Baca Deskripsi Kebijakan Produk Sebelum Kita Beli oleh Penjual

    Biasanya kita sangat malas untuk membaca suatu syarat dan ketentuan yang ada, entah karena terlalu panjang suatu kebijakannya atau anda telah yakin kepada penjualnya.

    Padahal sebelum melakukan transaksi sangat penting untuk membaca kebijakan, karena seperti adanya suatu kebijakan produk yang dibeli harus Preorder karena harus melalui proses produksi dulu sebelum dikirim ehh nanti kita malah marah-marah karena produk lama dikirimnya.

  4. Waspada Dengan Produk Yang Sangat Murah

    Seringkali kita tergiur dengan produk yang harganya sangat murah dipasaran, seharusnya kita curiga kok kenapa produknya bisa sangat murah?, jangan mudah tergiur oleh harga murah.

    Karena produknya sangat murah dibanding onlineshop lain, malah kita kena zonk entah produknya adanya kerusakan, produk gampang rusak, atau produk yang palsu.

  5. Simpan Bukti Transaksi

    Setelah kita melakukan transaksi pembelian, anda harus simpan dengan baik bukti transaksinya sebelum produk yang dibeli sampai ke rumah kita.

    Karena apabila adanya ketidak sesuaian produk atau kerusakan produk kita bisa mengajukan penukaran barang. Atau apabila adanya penipuan oleh penjual kita bisa mengajukan laporan ke pihak kepolisian.


  6. Jasa Rekber atau Rekening Bersama

    Untuk anda yang sering mencari produk yang akan dibeli melalui platform sosial media Facebook, Instagram bahkan Twitter sebelum melakukan pembayaran kepada penjual, harap dicermati terlebih dahulu apakah seller dapat dipercayai.

    Untuk melihat cara seller dapat dipercaya anda tinggal tanyakan saja di forum si seller,dan apabila ada testimoni dari pelanggannya anda tinggal lakukan transaksi saja tapi harus hati-hati juga apakah itu si pembeli satu geng dengan penjualnya atau tidak. 

    Apabila anda masih ragu dengan seller pakai jasa Rekber yang dipercaya, apabila anda pengguna sosial media Facebook anda tinggal pakai Rekber atas nama Tri Hariyanto telah banyak testimoni yang telah menggunakan jasa Mas Tri, tinggal siapa yang akan membayar jasa rekbernya saja biasanya sekitaran Rp. 10.000.

    Anda juga bisa menggunakan e-commerce seperti Bukalapak sebagai jasa Rekber.
Perhatikan juga apabila kita melakukan pembelian online dengan cara COD (Cash On Delivery) kita siapkan uang yang pas untuk melakukan pembayaran supaya tidak repot ketika barang yang dibeli sudah sampai.

Dan apabila menggunakan e-commerce dengan cara COD, produk yang dibeli tidak sesuai dengan postingan di onlineshop kita jangan marah kepada pegawai jasa kurirnya, karena jasa kurir hanya mengantarkan paket saja. Anda tinggal laporkan saja ke pihak e-commercenya untuk dilakukan penindakan kepada penjual

Posting Komentar untuk "6 Tips Belanja Online Secara Aman Supaya Terhindar Dari Penipuan"