Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mendaki Gunung Malam Hari | Trek Malam Gunung Gede Via Putri

trek gunung gede via putri


Setelah menyelesaikan Skripsi saya dan teman-teman kelas kuliah merencanakan untuk melakukan pendakian ke Gunung Gede, sebelumnya memang udah beberapa kali melakukan pendakian bersama teman kelas kuliah, tapi biasanya tidak banyak anggotanya. Sekalian menunggu jadwal wisuda yang trus di tunda sampai entah kapan karena pandemi ya kita liburan dulu saja.

Setelah melakukan booking online h-4 kita semua melakukan meeting terlebih dahulu via Zoom karena sulit untuk bertemu langsung, alat-alat pendakian dan bahan makanan apa saja yang akan kita bawa sambil dibagi-bagi supaya beban menjadi lebih rata tidak ada yang lebih berat atau lebih ringan. Jadwal pendakian kita pada hari Senin dan anggotanya berjumlah 10 orang.

Booking Online Gunung Gede menggunakan identitas KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) supaya lebih murah hanya Rp. 17.500 untuk hari kerja dan untuk hari libur Rp. 20.500 dengan syarat anggotanya harus sepuluh orang dengan KTM masing-masing anggota. 


Transportasi Gunung Gede via Putri dari Bandung

Hari Minggu anggota yang kumpul di Bandung menuju Kabupaten Cianjur untuk menginap terlebih dahulu di rumah saya yang berasal dari Kabupaten Cianjur menggunakan Kereta Api dari Kiara Condong - Padalarang, lalu menaiki angkot menuju Stasiun KA Cipatat dan lanjut kereta menuju stasiun Cianjur.


Syarat Naik Gunung Gede

Setelah semua anggota sampai di Rumah saya, dan hari senin telah tiba sebelum berangkat menuju Basecamp Gunung Putri kita membuat surat kesehatan terlebih dahulu di puskesmas dan sampai di Basecamp putri pada jam 13.57. Setelah packing selesai kami menuju pos simaksi untuk memberikan administrasi persyaratan pendakian.

Pada proses administrasi kami memiliki masalah yang sebenarnya kami tidak salah, mungkin ini hanya di buat menjadi bisnis saja oleh oknum (maaf mungkin belum bisa dijelaskan) walaupun kami rugi waktu dan biaya yang menjadi mood kita menjadi sangat kesal ya mau gimana juga akhirnya kita menurut saja daripada tidak jadi melakukan pendakiannya.


Pendakian Gunung Gede via Putri

pendakian gunung gede via putri


Setelah selesai perdebatan dan pembayaran kami menuju pos sampah sampai ditempat jam 18.04, disana istirahat sejenak sambil makan dan sholat magrib lalu menunggu sampai sholat isya, kami berangkat pada jam 19.12 menuju Pos 1 Legok leunca.

Oiya btw, sebelum melakukan pendakian malam sediakan peralatan yang mumpuni yang paling utama yaitu senter, headlamp dan jangan saling meninggalkan teman karna kondisi sangat gelap dan treknya lumayan menguras tenaga.

Tiba pada Pos satu yaa kurang lebih jam 19.50 hampir 40 menitan tidak terlalu jauh, istirahat sejenak sambil beberapa teman saya minum terlebih dahulu, biasanya saya kalau sedang naik atau turun tidak terlalu banyak minum. Berangkat kembali kita menuju Pos 2 sebelum sampai pada pos 2 kita akan melewati pos bayangan yang berdiri bangunan saung atau bangunan kecil, trek dari pos 1 Legok leunca menuju pos 2 tidak terlalu lama ya kurang lebih hampir 40 menitan.

Nahh, dari sinilah treknya lumayan menguras tenaga sudah treknya panjang dan lumayan curam untuk setiap pijakan. Posisi saya berada di barisan ketiga, karena saya membawa tenda yang langsung jadi hanya ditalikan diluar tas carrier takutnya jatuh di jalan, untuk yang pernah mendaki ke gunung gede hanya saya semua teman masih belum pernah.

info pendakian gunung gede


Setelah melewati curamnya trek dan pekatnya malam kita sampai pada pos 3 Buntut Lutung tepat pukul 22.00, estimasinya lumayan lama 2 jam untuk menuju pos 3 Buntut Lutung. Sebelum menuju Pos 3 kita bertemu rombongan pendaki satu keluarga yang terdiri 5 orang kedua orang tuanya dan ketiga anaknya yang satu umurnya remaja dan 2 lagi masih 13/14 tahunan, mereka hanya mempunyai 1 senter turun dari puncak jam 2 siang di perjalanan menuju pos 3 sudah kemalaman, kita temani dulu sambil menunggu pendaki lain turun, karena anak-anaknya cukup kelelahan dan hanya mempunyai 1 senter.

Setelah hampir 20 menitan alhamdulillah ada 6 orang pendaki yang turun dan rombongan satu keluarga ikut bareng turun.

gunung gede via putri naek motor


Kami istirahat di Pos 3 Buntut Lutung hampir 1 jam lebih sambil menyeduh kopi dan makan cemilan karena perut sudah mulai demoo, udaranya sudah sangat dingin saya disini sudah agak kerasa Paha sedikit keram, setelah dibaluri hotcream dan pakai hansaplast kita melanjutkan lagi perjalanan menuju Pos 4 Simpang Maleber.

Trek semakin curam baru saja naik dari Pos 3 kita sudah menemui trek yang curam, apabila mendaki di siang hari pasti mental sudah kena tuh melihat tanjakannya lumayan tinggi, nah itulah keuntungan mendaki dimalam hari kita tidak terlalu fokus ke jalur yang depan. Disini kita sudah tidak menemui pendaki yang naik maupun turun.

Kita sudah beberapa melewati tenda pendaki yang berada di jalur Pos 3 Buntut Lutung menuju Pos 4 Simpang Maleber, ada celotehan teman saya mending camp disini saja bareng sama tenda pendaki lain mungkin karena lelah dan ngantuk, tapi saya sarankan jangan karena treknya masih jauh menuju alun-alun surya kencana apalagi menuju puncak gunung gede.

Setelah hampir 2 jam lebih kita akhirnya sampai di Pos 4 Simpang maleber, kondisi anggota sudah tidak kondusif karena lapar dan mengantuk akhirnya kita memutuskan untuk makan berat saja sambil istirahat bagi yang tidak kuat. Masak, makan dan prepare kembali kita menghabiskan waktu hampir 2 jam dan waktu sudah menunjukan pukul 02.20.

Dari Pos 4 Simpang Maleber untuk menuju Pos 5 Alun-alun Surya kencana kita menempuh 30 menitan, karena waktu hampir pagi kita terus berjalan tanpa istirahat supaya ada waktu untuk tidur sebelum menuju puncak gede dan turun ke basecamp gunung putri. Kita cukup kesulitan ketika mendirikan tenda karena angin yang cukup kencang dan cuaca yang sangat dingin sangat repot sekali untuk mendirikan tenda.

Jam 03.56 kita istirahat tidur dan bangun pada jam 07.40 saya berinisiatif untuk memasak dan satu teman saya bersiap-siap membangunkan yang lain untuk menuju puncak gede biar tidak penasaran. Anggota yang lain pada menuju puncak gede hanya saya yang memasak karena biar waktu turun tidak terlalu sore.

Sumber air Gunung gede via putri tidak perlu khawati karena di alun-alun surya kencana kita bisa mendapatkan air yang lumayan banyak, tapi biasanya tergantung musim saja pernah juga kita kekeringan pada musim kemarau.


Posting Komentar untuk "Mendaki Gunung Malam Hari | Trek Malam Gunung Gede Via Putri"