Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 ALASAN KENAPA GUNUNG PRAU COCOK UNTUK PENDAKI PEMULA

gunung prau dieng


Gunung Prau merupakan salah satu gunung yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki ketinggian 2590 meter dari permukaan laut (MDPL).

Gunung yang langsung masuk kedalam empat wilayah yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Kendal. Adapun untuk jalur pendakian memiliki enam basecamp yaitu Dieng, Patak Banteng, Wates, Drawanti dan Igirmranak.

"Kalau mau meracuni orang untuk mendaki ke Gunung, coba ajak di ke Gunung Prau" ucap salah satu Pendaki pengalaman. Walaupun Gunung Prau cocok untuk pendaki pemula, kita harus bijak dalam melakukan pendakian persiapkan peralatan pendakian sesuai SOP, kita tidak tahu hal yang akan terjadi kedepannya entah baik ataupun buruk apabila peralatan standar sudah dibawa Insya Allah pendakian akan aman.

Trek Prau memiliki akses dan medan yang lumayan tidak sulit, dan memiliki rata-rata waktu pendakian kisara 3-4 Jam dari basecamp, oleh karena itu Gunung Prau selalu ramai oleh para pendaki apalagi ketika weekend dan hari libur besar.

Selain itu, alasan kenapa Gunung Prau cocok untuk pendaki pemula terdapat empat alasan yang lainnya yaitu:

    1.  Trek Pendakian yang Santai dan tidak bikin Capek

prau gunung
facebook.com/zidanegalihe


Jalur pendakian Prau ini bisa dikategorikan santai dan tidak terlalu bikin kita capek, walaupun begitu namanya juga Gunung ya pasti ada saja nanjak dan lumayan ekstrem, jalur Prau memiliki bonus jalur yang cukup banyak.

Estimasi pendakian Gunung Prau untuk semua jalu rata-rata kisaran 3-5 Jam, perlu diperhatikan estimasi pendakian sesuai kondisi Fisik dan berapa lama istirahat ketika dijalur, Jangak dibiasakan istirahat terlalu lama karena ketika kita akan mulai lagi berjalan fisik kita harus bekerja dari awal lagi yang membuat sering capek dan haus.

Jalur pendakian Prau tergolong lebih mudah dua kalina dari jalur Gunung Gede via Cibodas sampai Pos kandang badak. 

Jalur Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng adalah rute yang paling singkat dan favorit para pendaki dan terkadang sering macet, alternatif lain bisa menggunakan Jalur pendakian Via Igrimranak jalurnya cukup sepi dan memiliki keistimewaan yaitu bisa melewati trowongan kemin, dan estimasinya sekitaran 2-3 Jam. Via Dwarawati jalur tidak terlalu ramai dan jalurnya tidak terlalu nanjak estimasi 2-4 Jam. 

    2.  Memiliki Pemandangan indah Gunung Prau

ketinggian gunung prau
facebook.com/asepsantoso


Selain Jalur pendakian gunung prau paling indah karena bisa melihat pemandangan Kota Wonosobo dari ketinggian dan Telaga Sikidang, Prau juga memiliki pemandangan Bukit Teletubis dan Golden Sunrise diantara celah Gunung Sindoro dan Sumbing yang cantik banget.

Kita juga bisa melihat pemandangan hutan cemara dan hutan rimba, Pemandangan matahari terbenam bisa terlihat di Bukit Cendana. Apalagi yang sering hobi berfoto ria, pasti di Prau akan sering memotret karena banyak memiliki keindahan ketika di Puncak Gunung Prau.

    3.  Motor Ojek Gunung

Walaupun para pendaki sebelumnya pasti sudah mempersiapkan fisik sebelumnya seperti lari atau olahraga lainnya, untuk melatih tubuh menghadapi medan jalur gunung dan setelah pulang badan tidak merasa sakit.

Akan tetapi untuk mempersingkat waktu dan tenaga ketika melakukan pendakian, kita bisa menggunakan Jasa Ojek pegunungan seperti yang ada di Gunung Prau via Patak Banteng, dari basecamp kita bisa menggunakan ojek ke Pos 1 dengan harga Rp 15.000.

    4.  Memiliki Kesamaan Seperti Gunung Papandayan Garut

gunung prau


Buat kalian sebagai pendaki Gunung pasti sudah pernah dengar Gunung Papandayan, walaupun belum mendakinya. Papandayan dan Prau memiliki kesamaan dari treknya yang bikin tidak capek, walaupun Prau agak sedikit menguras tenaga.

Posting Komentar untuk "4 ALASAN KENAPA GUNUNG PRAU COCOK UNTUK PENDAKI PEMULA"