Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Labuan Bajo

labuan bajo
Foto oleh Iqx Azmi dari Pexels


Labuan Bajo, pasti kalian sudah tidak asing mendengar nama tempat tersebut, sebuah surga tersembunyi yang berada di Indonesia Timur. Terletak di Kecamatan Komodo, Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan kode pos labuan bajo 86771.

Wisatawan Labuan Bajo berasal dari lokal maupun Mancanegara, memiliki berbagai destinasi wisata yang tidak mudah dilupakan oleh pengunjungnya, deretan pulau eksotis, keindahan bawah laut dan hewan endemik yang berada di Taman Nasional Komodo.

Backpackeran ke Labuan Bajo mungkin salah satu untuk liburan dengan budget yang pas-pasan, berkunjung saat low season, gunakan transportasi darat dan laut dan datang secara berkelompok. 

Airport Labuan Bajo yang bernama Komodo adalah salah satu airport yang berada di sana, apabila kalian menggunakan transportasi udara akan berhenti disana, dan biasanya menjadi meeting point untuk kalian yang menggunakan jasa paket tour.

UNESCO telah mencatat Taman Nasional Komodo sebagai Situs warisan dunia pada tahun 1991 yang terdiri dari Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar dan pulau sekitar lainnya. Sumber : Indonesia.travel

1. Komodo

pulau komodo
@komododragons

Hewan Komodo yang memiliki nama latin Varanus Komodoensis, adalah spesies kadal besar atau sering disebut hewan purba yang hanya dapat ditemui habitat aslinya di Negara Indonesia tepatnya di Pulau Komodo, Rinca Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Liburan ke Labuan Bajo tidak lengkap apabila belum melihat komodo secara langsung di habitat aslinya. Ikuti prosedur dan protokol yang berlaku di Pulau Komodo supaya aman dan nyaman, karena komodo memiliki racun dan bisa saja menyerang wisatawan.

Hewan Komodolah yang menjadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara untuk melihat langsung hewan purba yang memiliki racun itu.

2. Pulau Padar

keindahan pulau padar
@dijemighty

Pulau Padar Labuan Bajo merupakan pulau yang terbesar ke tiga di Labuan Bajo, selain dikenal menjadi habitat hewan komodo Pulau Padar memiliki spot foto yang terbaik di Labuan Bajo.

Kalian untuk mendapat view yang lebih indah, harus treking terlebih dahulu ke atas bukit. Diatas bukit Padar kalian bisa melihat pemandangan alam dan perairan Labuan Bajo, apalagi di lengkapi dengan kapal-kapal yang berjejer membuat lautan semakin keren.

Kamu sebagai fotografer harus mengabadikan momen pada saat sunset, waktu tersebut menjadi lebih indah warna langit dan pemandangan sunset diatas bukit yang terhampar lautan Labuan Bajo.

3. Pink Beach

pink beach pulau komodo
@felikpranata

Di tepi pantai pink beach, pasirnya dipenuhi dengan warna pink kamu sebagai penyuka warna pink harus berfoto ria dan pajang di sosial media.

Kamu juga bisa menikmati snorkeling untuk melihat pemandangan bawah laut, berjemur dan bersantai di bawah pohon-pohon yang ada di pantai. Birunya laut dengan hamparan pasir berwarna pink sangat indah apalagi di abadikan menggunakan drone.

4. Keindahan Bawah Laut

snorkeling labuan baju
@emmanicoleshaw

Labuan Bajo selain terkenal dengan keindahan daratannya, keindahan bawah lautnya menjadi daya tarik tersendiri dipenuhi dengan terumbu karang dan biota lautnya yang beragam.

Snorkeling di Pulau Manjarite adalah spot terbaik yang harus kamu coba, selain itu spot terbaik untuk snorkeling yaitu Manta Point, Pulau Kanawa, Pulau Kelor, Pink Beach, Crystal Rock dan Batu Bolong. Banyak bukan tempat snorkelingnya mungkin 2 - 3 hari tidak akan cukup untuk menjelajah di Labuan Bajo, serta mencoba spot snorkelingnya.

5. Spot Sunset

Menikmati matahari terbenam atau sunset sangat cocok ditempat yang indah dan nyaman, selain di Pulau Padar kamu bisa menikmati sunset di atas bukit Gili Laba atau bukit cinta, hamparan laut biru bergradasi menambah keindahan di kala sunset.

6. Air Terjun Cunca Wulang

cunca wulang waterfall
@gungafif


Air terjun Cunca Wulang atau air terjun dan bulan, berada di ketinggian 200 meter diatas permukaan laut. Kamu sebelum tiba di Cunca Wulang yang berada di tengah hutan kamu harus trekking dulu melewati hutan kira-kira 45 menit dengan jarak sekitar 4 KM yang dipenuhi dengan pohon coklat dan vanilla yang sengaja di tanam oleh warga sekitar.

Kamu bisa berenang di Cunca Wulang dan bisa melompat diatas ketinggian 4 meter, tapi harus lihat dulu debit airnya sedang tinggi atau surut, ditakutkan ketika mendarat terbentur batu di dasar sungai.

7. Goa Batu Cermin Fosil Hewan Laut

goa batu cermin
@rdsyahrial

Goa Batu Cermin dipenuhi dengan fosil hewan laut, waktu dahulu goa ini berada di bawah laut, wisatawan dapat belajar tentang bentuk-bentuk makhluk hidup pada zaman dahulu. Goa Cermin ditemukan pertama kali pada tahun 1951 oleh Theodore Verhoven.

Untuk menuju ke Goa Batu Cermin kamu harus trekking dengan jarak sekitar 4 KM, ditempuh kurang lebih 1 Jam. Selain terdapat fosil hewan laut di dalam goa kita bisa melihat keindahan pantulan sinar matahari pada dinding goa, waktu yang cocok untuk berkunjung ke Goa Cermin pada pukul 9 pagi sampai 12 siang.


Desa Wae Rebo, Kampung di Atas Awan

wae rebo labuan bajo
@riyanws


Walaupun ini bukan di Labuan Bajo tapi alangkah bagusnya kamu harus berkunjung ke Wae Rebo yang berada di Kecamatan Satarmese Selatan, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Desa ini begitu ikonik dan eksotik, bukan karena lokasinya yang berada di atas pegunungan, akan tetapi bentuk rumah-rumah adat, keindahan alam dan budaya suku manggarai membuat Wae Rebo banyak dikunjungi para wisatawan. Kamu juga dapat menginap di salah satu rumah adat warga disana loh.

Akhir Kata

Kumplit bukan wisata di Laboan Bajo, mulai dari darat, pemandangan diatas bukit, hutan, bawah laut dan hewan langka. Kamu harus berkunjung dan jelajahi Labuan Bajo dengan Keluarga atau Teman dekat. Banyak jasa tour yang menyediakan explore Labuan Bajo dengan kapal yang mewah dan keren, kamu bisa pilih harga dan berapa lamu kamu akan menjelajah.


Posting Komentar untuk "7 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Labuan Bajo"