Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Rambut Rontok

penyebab rambut rontok

Penyebab Rambut Rontok. Panik ketika melihat rambut rontok, ketika nyisir atau keramas pasti pernah kita alami, kehilangan rambut itu normal tapi ketika rambut kita rontok berlebihan mungkin kamu bertanya-tanya? ko kenapa rontoknya banyak sekali.

Dilansi dari American Academy of Dematology (AAD), rambut rontok pada seseorang memiliki beberapa penyebab seperti perubahan hormon, stres, penyakit tiroid, kekurangan nutrisi dan dari keturunan.

Penyebab rambut rontok parah dapat disebabkan beberapa hal, selain kesehatan dalam tubuh kita bisa juga rambut tidak sehat karena kurang perawatan dan seringnya terkena debu, kotoran, lembab dan sinar UV matahari.

Haircare untuk rambut rontok mungkin salah satunya untuk mencegah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah rambut rontok. Kamu bisa simak dibawah ini secara saksama.

1. Mengatur Pola Makan Ketika Diet

rambut rontok

Penyebab adanya kerontokan rambut karena pola makan yang tidak terkontrol, kamu bisa melakukan diet untuk bertujuan mengembalikan esensi ginjal, menutrisi darah. 

Kamu bisa mengkonsumsi makan sayuran organik, biji wijen, kuaci, kacang ijo, jamur, apel, buah pir dan berbagai macam kacang-kacangan lainnya. Makanan yang dimakan di sarankan yang alami, tanpa menambahkan atau mengalami proses pengawetan.

Rambut rontok berlebihan ketika diet, kamu tambah makanan yang mengandung zinc dan protein yang berkualitas, karena protein dapat menumbuhkan sel-sel yang dimana rambut terdiri dari sel-sel keratin yang datar, pipih yang saling bertumpukan dan sel lainnya.

Kerontokan rambut ketika diet hanya bersifat sementara, jadi ketika nutrisi sudah normal kembali maka kerontokan akan berhenti sendirinya. Rambut masih terus rontok ketika diet kamu bisa konsultasi ke dokter mungkin ada kesalahan dari pola makan atau adanya penyakit.

2. Menggunakan Aloe Vera

manfaat lidah buaya

Penyebab rambut rontok selain terjadi karena pola makan yang tidak teratur, yang selanjutnya mungkin karena tidak adanya perawatan pada rambut kita.

Mengaplikasikan aloe vera atau tanaman lidah buaya, oleskan pada rambut sampai kulit kepala kamu lakukan dua hari sekali dengan rutin selama satu bulan. Jangan sampai kena mata karena menyebabkan perih, apabila terkena mata segeralah mencuci menggunakan air mengalir.

Karena pada aloe vera mengandung banyak vitamin (seperti vitamin A, C, E, B12), zinc, asam amino, asam lemak dan serat mineral tembaga.

Selain menghilangkan rambut rontok aloe vera dapat mengurangi rasa gatal di kulit kepala karena ketombe, memperbaiki rambut rusak, mengatasi rambut yang berminyak berlebihan, merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut tampak berkilau dan sehat.

Untuk cara menggunakan aloe vera atau lidah buaya, kupas kulit lidah buaya lalu kamu bisa mengoleskan pada rambut diamkan selama beberapa menit, lalu setelah 30 menit kamu bisa bilas menggunakan air dan shampo.

3. Pijatan Kepala

pijat kulit kepala

Lakukan tekanan ringan pada kulit kepala, kamu bisa menggunakan ujung jari tangan atau menggunakan alat pijat tumpul atau alat yang tumpul. Apabila menggunakan jari tangan kamu harus menggunting kuku supaya tidak lecet/luka kulit kepala dan kotor karena kotoran yang menempel di sela kuku.

Pijat selama 15 menit pada kulit kepala bisa ketika keramas, yang bertujuan untuk mengalirkan aliran darah dengan baik ke kulit kepala.

Manfaat pijat kulit kepala, dapat menyediakan oksigen yang lebih banyak dan nutrisi yang bermanfaat untuk folikel rambut, karena ketika foliker rambut sudah terisi oksigen dan nutrisi dari darah dapat memperbaiki sel yang rusak secara efektif.

Jadi, akar rambut akan menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

4. Kontrol Tingkat Stres

stres penyebab rambut rontok

Pada saat stres karena adanya tekanan dari pekerjaan, keluarga bahkan teman dapat memicu penyebab kerontokan rambut lho. Jadi rambut umumnya akan rontok sekitar 50-100 helai rambut tapi ketika kondisi seseorang normal rambut yang rontok akan diganti dengan rambut baru yang tumbuh.

Namun, ketika seseorang stres dan tidak bisa mengontrol emosi dapat mengalami kondisi telogen effluvium, yaitu rambut yang rontok secara berlebihan dan proses pergantian dengan rambut baru terhambat.

Emosi yang tidak terkontrol pada diri seseorang dapat menarik atau membanting sesuatu secara berlebihan, seperti ketika masih memikirkan masalah dan tangan berada di atas kepala terus menarik rambut secara berlebihan hal tersebut dapat membuat rambut rontok dan kebotakan.

Maka, ketika kamu stres harus bisa mengkontrol entah dengan cara berolahraga yang ringan, mengobrol dan bermain bersama teman yang positive vibes, curhat kepada mentor atau teman yang tepat dan pergi berlibur sejenak.

5. Mengkonsumsi Suplemen

5 penyebab rambut rontok

Rambut kekurangan vitamin menjadi salah satu penyebab rambut rontok, kamu bisa mengkonsumsi suplemen supaya akar rambut menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

Suplemen untuk perawatan rambut rontok kamu bisa mengkonsumsi biotin, vitamin B Kompleks, vitamin E, Zinc dan Vitamin C dengan Bioflavonoid.

Vitamin rambut rontok yang kamu konsumsi dapat bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut baru, meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan menambahkan kadar oksigen untuk berkembang sel-sel dengan baik. Konsumsi suplemen dengan bahan alami dari pada sintesis guna meningkatkan kinerjanya dengan baik, walaupun harganya sedikit mahal.

6. Hindari Makanan yang Tidak Baik

rambut rontok kekurangan vitamin apa

Untuk menjaga kerontokan rambut sekaligus kesehatan tubuh kamu harus menghindari makanan buatan, mengandung prisa, mengandung pengawet, gula, soda, makanan yang pedas, makanan tinggi tepung, makanan yang berminyak dan makanan mengandung bahan kimia.

Makanan yang tidak baik dapat menggangu kesehatan pada rambut dan mengganggu hormon pada di dalam tubuh. Apabila hormon naik-turun dapat mengganggu siklus normal pertumbuhan rambut.

7. Pakai Essensial Oil untuk Rambut

rambut rontok kenapa

Cara terakhir, kamu bisa menggunakan essensial oil untuk mencegah rambu rontok seperti
lavender, rosemary, Thyme dan Cedarwood.

Menurut SB30, cara untuk menggunakan essensial oil yaitu, campur 15 ml Jojoba oil kemudian tambahkan 5 tetes essensial oil lavender dan rosemary, campur lalu oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 15 menit dan lakukan pijatan kecil pada kulit kepala kamu, apabila selesai bilas dengan shampo sampai bersih dan lakukan selama 3 kali dalam seminggu.


Akhir Kata

Cara merawat rambut rontok dapat kamu aplikasikan dengan point - point diatas tersebut, selain menggunakan obat rambut rontok alami kamu juga dapat mencegah rambut rontok dengan kebiasaan aktivitas sehari - hari dan pola makan.

Solusi rambut rontok ini semoga dapat mengurangi apa yang sedang kamu alami, dan bermanfaat untuk para pembaca dan penulis.


Posting Komentar untuk " 7 Cara Mengatasi Rambut Rontok"