Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiktok Kalahkan Youtube? Tiktok VS Youtube

Tiktok vs Youtube


Pasti kalian sudah mengenal bahkan pernah menggunakan platform digital Youtube, Ya tanpa harus dijelaskan apa itu Youtube!. Banyak orang yang terkenal melalui platform Youtube, serta banyak juga macam-macam konten video panjang yang tersedia. Selain platform berbagi video Youtube ada juga masyarakat Indonesia yang sudah dikenali oleh banyak orang yaitu Tiktok. 

Tiktok merupakan suatu platform digital sosial media video dan musik, dimana para penggunanya dapat menggabungkan, mengedit lalu membagi  klip video dan musik yang tersedia di Tiktok serta dilengkapi dengan filter video kepada users lainnya atau khusus pribadi.

Pengguna Youtube di seluruh dunia berjumlah 2.29 Bilion (statista Most popular social networks worldwide), sedangkan untuk pengguna Tiktok di seluruh dunia adalah 732 Million. Tapi tidak dipungkiri aplikasi Tiktok kini menjadi yang sangat populer, banyak artis yang menggunakan aplikasi Tiktok.

Bahkan jam tayang aplikasi pendek Tiktok ini sudah mampu menyaingi Youtube, Menurut penelitian App Annie  di Amerika Serikat Tiktok pada bulan Juni 2021 penggunanya jumlah menonton lebih dari 24 Jam konten perbulan. Di Inggris pada bulan Mei tahun lalu Tiktok sudah menyalip Youtube dan penggunanya menonton hampir 26 Jam konten dalam sebulan, dibanding dengan Youtube 16 Jam.

Jumlah penayangan tersebut hanya mencakup pada ponsel yang berbasis Android, jadi tidak mewakili pengguna ponsel keseluruhan.  Akan tetapi Youtube masih memiliki keunggulan dari jumlah waktu menonton yang dihabiskan secara keseluruhan. 

Youtube masih nomor satu dalam hal jumlah jam tayang yang dihabiskan pada perangkat yang berbasis Android di antara "Aplikasi Sosial dan Hiburan" pada pertama tahun ini, Tiktok di urutan kelima dibelakang dari aplikasi Facebook, Whatsapp dan Instagram.

Tiktok mencapai kesuksesan seperti itu menurut App Annie karena Tiktok adalah "Video pendek, konten otentik dan live streaming". Selain itu kenapa para pengguna menyukai video Pendek dari aplikasi Tiktok yaitu:

  1. Pengguna lebih suka menonton beberapa video pendek dibawah satu menit, dibanding 10 menit hanya 1 Video.

  2. Pengguna yang Non-Premium terganggu akan iklan Youtube yang digabungkan dalam satu kontek Video. Sedangkan video tiktok biasanya terpisah, dan apabila ada iklan video bisa di scroll/skip dengan mudah.

  3. Pengguna lebih suka video menarik yang ditayangkan di beranda/FYP tiktok sesuai ketertarikan akan kontennya.

Fitur baru dari Youtube sekarang untuk menarik lebih menghabiskan banyak waktu menonton, Youtube meniru format video pendek Tiktok yang baru diluncurkan dan dinamai dengan Youtube Shorts.

Terlepas dari Tiktok Vs Youtube setiap pengguna memiliki kesenangannya masing-masing, seperti pecinta travelling vlog, kuliner vlog dan podcast pasti lebih banyak menggunakan Youtube. Walaupun begitu jumlah pengguna tiktok di Indonesia sekarang sudah dibanyaki oleh Artis, Youtuber, Trader bahkan pebisnis.


Posting Komentar untuk "Tiktok Kalahkan Youtube? Tiktok VS Youtube"