Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Trik Belajar Secara Online Yang Efektif | Cara Belajar Online


pesan dan kesan selama belajar online


Belajar Online sedang maraknya diberbagai Sekolah, Universitas bahkan Kursus, karena dikondisi pandemi Covid-19 lalu ada himbauan pemerintah untuk tidak berkerumun untuk mencegah penularan secara masal disektor pendidikan.

Pembelajaran online terkadang kita bosan dan jenuh, entah karena adanya gangguan dilingkungan rumah atau kebiasaan belajar di suasana yang banyak teman-teman dan dapat berinteraksi secara langsung dan mudah dengan guru, sehingga materi yang diberikan dapat dimengerti dengan mudah.

Belajar online dirumah kita harus semangat dan belajar dengan giat supaya mendapatkan hasil yang terbaik untuk masa depan kelak, apabila sedang bosan dan suntuk kamu cari inspirasi bacaan atau video kisah orang yang sukses, sehingga kamu memiliki motivasi belajar online yang ingin mencapai seperti mereka yang telah sukses.

Selain itu, untuk membuat kamu belajar dengan semangat coba ikutilah tips dan trik belajar secara online sehingga kamu dapat memahami apa yang sedang dipelajari dan tidak adanya gangguna ketika proses belajar, kamu simak secara cermat point-point berikut:

Cara Belajar Online yang Efektif

  1. Siapkan Ruangan Khusus Belajar


    kendala dalam belajar online

    Kendala dalam belajar online dirumah salah satunya karena lingkungan dirumah tidak kondusif, kamu ketika belajar bisa terdistraksi oleh orang-orang yang ada dirumah entah itu orang tua yang sedang melihat TV, keluar masuk ruangan apalagi yang memiliki adik atau ponakan yang masih kecil yang sedang senangnya bermain, pasti kamu akan terganggu dan sulit untuk berkonsentrasi.

    Supaya fokus kamu siapkan ruangan khusus untuk belajar entah itu kamar kamu, ruangan buku atau ruangan yang sedang kosong tidak terpakai, jadi kamu dapat lebih fokus dan tidak mudah terdistraksi oleh orang sekitar. 

    Apabila kondisi rumah sedang adanya perbaikan atau tetangga sedang membangun rumah, kamu bisa cari tempat yang jauh dari suara yang ditimbulkan oleh para tukang atau bisa mengungsi ke tempat saudara, teman atau tempat pemerintahan yang memfasilitasi untuk belajar online.


  2. Pastikan Koneksi Internet Stabil

    pembelajaran online

    Koneksi internet adalah faktor yang paling utama untuk belajar secara online, apabila koneksi ada gangguan mungkin kalian tidak bisa mengikuti belajarnya, kamu bisa berlangganan internet pascabayar supaya lebih bagus koneksinya dan harganya stabil, apabila tempat kamu tidak terjangkau oleh provider internet kamu bisa menggunakan provider kartu yang bagus sinyalnya di tempat kamu berada, dan pakai khusus kuota untuk belajar.

    Kuota belajar online adalah salah satu solusi untuk koneksi internet supaya stabil, karena kuota tersebut khusus untuk belajar online dan pemerintah memfasilitasi melalui sekolah kamu dan diberikan kepada nomor HP yang sudah di registrasi. Biasanya kegunaan kuota belajar online yaitu untuk aplikasi conference dan tidak dapat dipakai ke aplikasi lain.

    Untuk lebih hemat biaya untuk kuota internet, anda bisa riset dulu provider kartu dan paketan kuota mana yang paling murah tapi perhatikan juga sinyal di tempat kamu berada.

  3. Menggunakan Headset atau Earphone

    cara belajar online

    Supaya lebih fokus dan tidak terdistraksi oleh suara dari luar, kamu bisa gunakan headset atau earphone yang bagus dan jernih suaranya.

    Gunakan headset atau earphone yang memiliki teknologi peredam bising atau sering disebut noise reduction dan noise cancelling yang memiliki fungsi untuk menghalangi suara dari luas masuk ke dalam telinga, walaupun harganya agak lumayan tapi ini bisa menjadi solusi untuk fokus dalam belajar online.

  4. Siapkan Makanan Ringan dan Minuman

    Cara belajar online yang efektif

    Suasana ruangan yang sepi dan sendiri mungkin membuat kamu menjadi bosan belajar secara online, untuk menghilangkannya kamu bisa menyiapkan makanan ringan dan minuman sebagai pengusir bosan. Tapi ingat hargai guru atau dosen yang sedang memberikan materi minum atau makanlah ketika beliau sedang istirahat sejenak, dan kamu juga harus fokus pada materi jangan pada makanan dan minumannya yaaa.

    Jangan lupa bersihkan kembali bekas makanan dan minuman setelah belajar, supaya tidak banyak semut dan tempat belajarnya jadi bersih dan nyaman.

  5. Membuat Rangkuman Catatan atau Screenshoot

    belajar online gratis dari pemerintah

    Simak dengan baik-baik materi apa yang disampaikan oleh guru atau dosen ketika sedang belajar online, dan buatlah rangkuman catatan point yang paling penting secara garis besar. Apabila pemateri menggunakan power point dan kamu malas menulis atau mengetik coba screenshoot semua materinya lalu setelah selesai baru rangkum point materi paling pentingnya. 

    Proses ini dapat menjadi solusi ketika kamu lupa materi yang disampaikan dan dapat dibaca lagi kembali ketika lupa. Seperti yang dikatakan oleh Imam Syafi'i "Ilmu adalah buruan dan tulisan adalah ikatannya".

  6. Review Kembali Materi dan Cari Referensi Lain

    cara pembelajaran daring

    Setelah selesai membuat rangkuman catatan tambah referensi dari internet dengan sumber yang terpercaya, anda bisa gunakan jurnal yang dapat di cari di Google Scholar atau situs belajar online untuk menambah point yang lebih luas.

    Review kembali rangkuman catatanya supaya kamu lebih paham dan tidak gampang lupa ketika ditanya kembali oleh guru atau dosen, dan menjadi ilmu yang bermanfaat.
Begitulah supaya kamu dapat belajar secara online yang efektif dan tidak mudah lupa materi yang disampaikan. Walaupun belajar secara online tidak bakal diterapkan selamanya tapi kita juga tidak tahu kapan belajar offline akan dimulai, mungkin nanti ketika kamu mulai belajar offline dan guru akan meminta menulis pesan dan kesan selama belajar online akan menjadi kenangan yang indah dan tidak mudah dilupakan, semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu dan proses belajar dapat dilakukan secara offline, aamiin.





Posting Komentar untuk "Tips dan Trik Belajar Secara Online Yang Efektif | Cara Belajar Online"