Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamu Harus Simak Sebelum Mulai Berjualan di Marketplace | Tips Berjualan di Marketplace


jualan di marketplace fb



Dunia digital semakin berkembang banyak sekali informasi yang mudah untuk di cari, dan juga kita bisa membeli produk yang dibutuhkan tanpa harus berpergian hanya dengan menggunakan smartphone.

Kesempatan ini kamu bisa gunakan untuk bisnis dengan memanfaatkan jualan online melalui marketplace. Saat ini banyak platform marketplace untuk menjual dan membeli produk, memanfaatkan marketplace kita bisa berjualan di rumah tanpa harus sewa toko pinggir jalan.

Ketika kita mulai merintis bisnis, tidak perlu khawatir akan modal sewa toko yang lumayan mahal perbulan atau pertahunnya, budget untuk sewa toko kamu bisa gunakan untuk iklan di market place atau endorse influencers.

Kenapa Harus Jualan di Market Place?

Jualan online di market place memiliki pangsa pasar yang luas dan bahkan bisa mencapai internasional tanpa harus membuka toko,  rumah kamu bisa dijadikan gudang beserta tokonya.

Para pembeli akan merasa aman ketika berbelanja di market place, karena memiliki fitur RekBer (Rekening Bersama) yang bertujuan untuk memverifikasi pembayaran dari pembeli sebelum penjual mengirimkan barangnya. Setelah barang sampai, pihak penjual baru bisa menerima uang dari pembeli.

Jadi pembeli tidak perlu khawati ketika bertransaksi entah itu tertipu, produk tidak sesuai foto yang disampaikan dan produk cacat karena marketplace memiliki sistem return apabila ada komplain dari pembeli.

Namun, berjualan online di marketplace tidak semudah yang dibayangkan karena saingan produk yang serupa banyak apalagi adanya banting harga dari para kompetitor.

Oleh karena itu, kamu bisa menjadi bahan acuan untuk menerapkan beberapa tips ini ketika kamu mulai bisnis online di marketplace.

Tips Jualan di Marketplace

Sebelum memulai bisnis kamu harus memiliki strategi bisnis dan marketing yang efektif supaya mendapatkan hasil cuan yang maksimal. Apalagi berbisnis di marketplace yang kompetitornya banyak dan mudah untuk mencari kompetitor.

Berikut beberapa tips berjualan di marketplace, silahkan simak untuk menjadi bahan acuan kamu.

Produk Yang Memiliki Daya Saing dan Berkualitas

cara jualan di marketplace fb


Poin pertama adalah yang harus benar-benar kamu perhatikan, supaya nantinya kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan produk yang disimpan di gudang tidak terbengkalai cukup lama.

Kamu bisa riset di Internet produk apa yang masih memiliki daya jual yang cukup tinggi, bisa menggunakan Google Trends, Google Keywoard Planner dan Ubbersuggest tools ini gratis, kamu bisa melihat traffic keywoard produk di Google penelusuran apabila jumlah perbulannya tinggi ini bisa menjadi produk masih bagus di pasaran.

Apabila kamu menjual produk sesuai ketertarikan kamu atau produk yang banyak di produksi di sekitar lingkungan, walaupun di pasaran kurang diminati kamu bisa berinovasi mulai dari bentuk atau bahan bakunya. 

Seperti jualan celengan meskipun sudah banyak bank dan dompet digital, apabila produk celengan kamu unik atau desainnya bagus pasti menjadi daya tarik para pelanggan, sebagaimana celengan target yang viral penjualan di marketplace shopee hampir 10 Ribuan.

Lengkapi Profil Toko Online

toko bunga online


Setelah mempunyai produk, tinggal membuat nama brand yang bagus supaya pelanggan mudah mengingat produk dari brand kamu. Sesuaikan nama brand kamu dengan niche produk yang di jual supaya pelanggan baru bisa menemukan brand kamu ketika ketik keywoard produk kamu.

Salah satu contoh toko dengan brand bernama Aghnia Florist.

Kata "Florist" sudah familiar digunakan untuk Toko Bunga oleh pemilik florist enthusiast. Nama Aghnia menjadi brand dan florist adalah jenis produk, perpaduan nama brand dan jenis produk akan mempermudah orang untuk mengingat brand kita.

Sertakan identitas lengkap dari alamat toko fisik, nomor telepon yang dapat dihubungi, deskripsi toko yang jelas, logo atau display picture, website (opsional), media sosial dan jam operasional toko.

Profil toko yang lengkap membuat brand kita terlihat professional yang membuat orang percaya akan toko brand kamu. 

Deskripsi Detail dan Foto Produk

jualan online di marketplace


Nama Brand, Profil toko sudah lengkap dan jelas tinggal tambahkan produk katalog. Cantumkan informasi produk yang rinci mulai dari warna, ukuran, material, stok dan sebagainya.

Gunakan katalog foto yang jelas dan resolusi yang bagus, dan bisa juga menggunakan foto model dengan produk kamu supaya lebih terlihat lebih indah.

Informasi atau deskripsi produk yang detail akan membuat pelanggan tidak terlalu banyak bertanya, mungkin bisa langsung closingan. Dengan deskripsi produk yang detail menjadi mempermudah pengalaman berbelanja pelanggan.

Gunakan Jasa Pengiriman yang Beragam

cara jualan di marketplace fb biar laris


Kenapa harus menentukan jasa pengiriman yang beragam? karena jasa ekspedisi mungkin belum ada di setiap desa atau kecamatan. 

Jadi ketika semua pelanggan memesan dengan alamat daerah yang berbeda dapat terkirim dengan cepat dan ongkos kirim menjadi terjangkau.

Apabila kamu hanya mencantumkan satu jasa kurir, misal JN* dan pelanggan yang memesan di daerah A hanya ada jasa ekspedisi NinjaExp** sedangkan jasa ekspedisi JN* jauh, itu bisa menjadi harga ongkos kirim cukup mahal dan durasi kirim menjadi lama.

Berikan Promo Secara Rutin atau Paket Bundling

cara jualan di marketplace


Menarik pelanggan baru dan pelanggan lama supaya repeat order kamu harus memiliki strategi, salah satunya dengan menggunakan promo harga atau paket bundling produk.

Banyak sekali promo yang bisa digunakan seperti promo gratis ongkir, promo pembelian 2 PCS mendapat kan 1 produk, atau promo diskon hari besar.

Nah, untuk mendapatkan target penjualan setiap bulannya paket bundling bisa menjadi alternatifnya, tapi kamu harus sesuai dengan fungsi produk utama yang dijual. Seperti menjual masker wajah dan di bundling dengan kuas dan wadah masker.

Gunakan Iklan atau Endorsement

cara berjualan online supaya laris


Baru pertama mulai bisnis memang harus jerih payah dulu entah minimnya orderan, brand masih asing di orang-orang, kurang mengetahui produk kita. Nah, supaya mendapatkan engagement yang melimpah kamu bisa menggunakan endorse ke para influencers.

Walaupun closingan produk kita tidak dapat diprediksi, tapi setidaknya mereka sudah mengetahui brand dan produk kamu. Sebelum menggunakan jasa endorse benahi terlebih dahulu media sosial, ketersediaan produk, website (opsional) dan kontak yang dapat dihubungi. Supaya ketika adanya kunjungan orang dan closingan orderan sudah di persiapkan dengan baik.

Gunakan Iklan seperti Google Ads, FB Ads, Instagram Ads dan sebagainya dengan keywoard yang sesuai target, ketika orang mengetikan produk yang dibutuhkan iklan brand kamu bisa muncul kepada pelanggan yang sesuai.

Berikan Pelayanan Terbaik

supaya laku jualan online


Selain kualitas bagus, pelayanan terbaik untuk pelanggan juga dapat menjadi faktor penjualan produk meningkat, seperti repeat order atau rekomendasi dari pelanggan lama ke yang baru.

Walaupun kita menggunakan marketplace online, kita harus membalas chat pelanggan dengan sopan dan fast response. 

Kamu harus sering masuk ke beranda atau message marketplace, karena fitur di marketplace sekarang ada status online dan terakhir online, apalagi adanya persentase balas chat pelanggan. Point itu bisa menjadi penilaian pelayanan kepada pelanggan ketika orang yang berkunjung ke profil marketplace kita.

Apalagi testimoni terbaik dari pelanggan, membuat pelanggan baru sangat yakin ketika akan melakukan order produk.


Posting Komentar untuk "Kamu Harus Simak Sebelum Mulai Berjualan di Marketplace | Tips Berjualan di Marketplace"