Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak 9 Manfaatnya | Kenapa Kamu Harus Solo Traveling

manfaat solo traveling


Traveling adalah kegiatan untuk berpergian ke suatu tempat. Banyak sekali keuntungan selain untuk menghilangkan stress dari kegiatan harian atau suasana metropolitan, kamu juga bisa memperluas cakrawala berpikirmu.

Traveling atau Travelling sama saja yang berasal dari B.Inggris, bedanya hanya ejaan yang disukai oleh American(traveling) dan British (travelling).

Solusi Menghilangkan Stres

Keluar dari Zona nyaman, bertemu dengan teman baru, sharing pengalaman serta dapat menjadikan suatu momen yang tidak mudah dilupakan kelak. Akan membuat kamu menghilangkan penat dari aktivitas seharian yang membuat bikin stres, banyak pikiran hingga sampai jatuh sakit.

Traveling bisa kamu lakukan berdua, beramai-ramai atau sendirian, walaupun beberapa orang menganggap traveling akan seru ketika dilakukan secara beramai-ramai namun ada segolongan orang yang memilih traveling sendirian.

Kenapa Memilih Solo Traveling?

alasan solo traveling


Mungkin sebagai pecinta traveling secara bersama-sama akan menyebut orang yang solo traveling sebuah anomali, walaupun begitu ada suatu penelitian mengenai motivasi seseorang yang suka solo traveling. Apakah itu suatu pilihan atau kebutuhan?.

Menurut seorang peneliti utama Profesor Connie Bianchi, ia menjelaskan bahwa kegiatan solo traveling bagaimana mendapatkan kebebasan, kesenangan tanpa adanya perdebatan, serta bertemu orang baru untuk berbagi pengalaman.

Meskipun seorang yang sering sendirian mempunyai pilihan, untuk dilakukan secara bersama atau pergi sendirian, pilihannya membuat mereka lebih menikmatinya.

Manfaat Solo Traveling alias Trip Solo !

Traveling sendiri mempunyai sensasi, keunikan tersendiri. Kamu tidak perlu takut untuk berpergian sendirian karena untuk saat ini sangat mudah mencari suatu informasi dan alamat, serta mudah untuk menghubungi siapa saja yang dibutuhkan.

Nah, Berikut 9 Manfaat Solo traveling alias liburan sendirian simak sebelum melakukannya.

1. Berani Mengambil Resiko

solo backpacker


Melakukan perjalanan secara sendirian memang beresiko apalagi daerah yang belum kita ketahui serta cultural shock yang membuat kita khawatir. 

Asalkan kita sopan dan tertib kita bisa aman di daerah yang asing.

Sopan ketika bertemu orang lain, saling sapa dan mulai berkenalan untuk sekedar bertanya atau mungkin berbagi pengalaman. 

Pada suatu daerah mungkin kamu akan bertemu orang sama sedang melakukan solo traveling, disana kamu bisa sharing pengalaman.

Berkunjung ke daerah baru mungkin berpeluang untuk nyasar dari tempat tujuan, hal begitu biasa ko asalkan kita berani untuk bertanya ke warga sekitar. Kejadian seperti itu mungkin dapat menjadi cerita kelak yang tidak mudah di lupakan.

Seperti kata pepatah "Malu bertanya, sesat di jalan", jangan gengsi dan malu untuk mulai percakapan dengan orang lain.

2. Dapat Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

trip solo


Bagi kamu yang kurang percaya diri, mungkin berpergian sendiri dapat menaikan kepercayaan diri. 

Apalagi kamu sebagai seorang yang introvert, mau tidak mau kamuharus berani bertanya kepada orang lain. Dari situlah diri kamu bisa menjadi lebih percaya diri.

Menentukan tujuan hingga suatu keputusan harus dilakukan secara matang dan percaya diri, supaya keputusan yang dibuat tidak berdampak buruk yang mengakibatkan mood kamu jelek.

Berpergian sendiri kamu akan lebih yakin akan keputusan sendiri, dari sinilah bisa membantu menumbuhkan rasa percaya diri serta menemukan jati diri.

Alangkah baiknya sebelum menentukan suatu keputusan kamu harus mencari suatu informasi secara detail terlebih dahulu, bisa melalui internet, teman atau forum di media sosial.

3. Memiliki Kebebasan

traveling atau travelling


Apakah pernah kalian liburan merasa tidak nyaman atau bebas? entah karena harus berdebat ketika menentukan destinasi wisata, menginap harus dimana dan transportasi yang digunakan. Apalagi kamu yang harus mengikuti destinasi tempat yang sebenarnya malas kamu kunjungi tapi karena sungkan dan kamu tetap ikut.

Nah, ketika sendirian kesempatan akan destinasi atau rute yang akan di kunjungi sesuai keinginan menjadi lebih mudah dan lancar, tanpa adanya perdebatan dan harus saling menunggu persiapan.

Waktu traveling kamu akan lebih fleksibel tanpa harus memikirkan partner liburan kamu.

4. Menjadi Lebih Mandiri

solo travelling untuk wanita


Sebelum dan Ketika liburan kamu harus menyiapkan rencana secara matang, nah ketika solo traveling kamu akan mempersiapkan destinasi wisata, transportasi, penginapan, waktu serta makanan harus disiapkan seorang diri.

Ketika kamu berhasil solo traveling dan sampai rumah dengan selamat, berarti diri kamu mandiri dan mampu melakukan dengan seorang diri saja, tanpa harus bergantung kepada orang lain.

5. Bergerak dari Zona Nyaman

cara bergerak dari zona nyaman


Trip Solo pasti memiliki tantangan tersendiri entah dari masalah nyasar atau adanya trouble, dari situ kita bisa lebih mendorong diri sendiri bagaimana cara menghadapi situasi yang tidak diinginkan.

Jauh dari kenyamanan rumah dan orang terdekat dari situ akan menjadi lebih menguji kesabaran dari berbagai rintangan yang ada. Dari situ akan membuat diri kamu termotivasi untuk lebih berkembang lebih baik dan pintar.

Sering keluar dari zona nyaman akan membuat diri kamu merespon situasi asing dengan lebih cepat dan baik, dari sinilah kamu bisa memperoleh hasil dan manfaat untuk bergerak lebih maju dan baik.

6. Biaya Bisa Lebih Murah

trip solo manfaat


Tidak dipungkiri walaupun kamu sedang berliburan bersama teman pasti ada saja yang minjem dulu uang atau talangin dulu, budget yang sudah di persiapkan akan menjadi bertambah. Apalagi sampai lupa temen kamu untuk membayar hasil minjemnya, itu bahkan bisa merusak hubungan pertemanan.

Ketika berpergian sendiri budget yang disiapkan akan lebih murah, tergantung destinasi wisata yang dikunjungi, kamu bisa makan di pinggir jalan tanpa gengsi atau bahkan menginap di rumah teman di kota destinasi kamu. Bisa juga menginap di fasilitas swasta atau negara secara gratis.

7. Baik untuk Kesehatan Tubuh

solo traveling untuk pemula


Menuju suatu tempat yang indah dan menyenangkan dapat membuat kita bahagia dan lebih bersemangat. Dan terhindar dari perdebatan saat liburan, dari situ kita bisa self healing atau menyembuhkan secara mandiri.

Menurunkan akan risiko stres, depresi dan dapat membuat efek positif terhadap psikis. Menurut Health perusahaan wisata Trafalgar, 57 persen wanita setelah solo traveling membuat perasaan secara pribadi lebih kuat dan terinspirasi.

8. Lebih Mudah Berteman dengan Orang Baru 

liburan sendirian


Solo traveling ke berbagai tempat membuat kamu menjadi mudah berinteraksi dengan orang baru atau lokal, entah untuk menanyakan tempat atau ngobrol sambil istirahat sejenak. 

Penduduk setempat akan lebih ramah ketika kamu sendirian ke tempat tersebut, agar bisa membantu dan lebih terbuka ketika kamu bercengkerama.

Bahkan bisa menjadi seorang guide gratis ketika berkunjung ke suatu tempat, dan dapat di tawari untuk menginap di penduduk setempat.

9. Belajar Manajemen Waktu Sendiri

manajemen waktu liburan


Ketika sebelum berpergian kamu harus merencanakan kapan waktu yang tepat untuk berlibur ke suatu tempat, bahkan dari jauh hari kamu bisa galau untuk menyusun waktu supaya tidak bentrok dengan acara lain.

Sedang berliburanpun kamu harus merancanakan manajemen waktu, supaya destinasi yang kamu rencanakan dapat di kunjungi secara puas tanpa harus dikejar oleh waktu.

Rencankan juga kapan waktu kamu akan pulang supaya tidak tertinggal kegiatan sehari-hari yang wajib dilakukan, perhatikan juga waktu di perjalanan sehingga ketika sampai di rumah tidak ada aktivitas yang ditinggal.


Posting Komentar untuk "Simak 9 Manfaatnya | Kenapa Kamu Harus Solo Traveling"