Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Edit, Update atau Menghapus Tabel Daftar Isi di Word

membuat daftar isi
Designed by stories / Freepik



Kamu sedang mengerjakan laporan skripsi atau karya ilmiah, menggunakan daftar isi di laporan akan mempermudah kamu ketika menulisnya serta pembaca ketika membacanya.

Manfaat Daftar Isi

Daftar isi membuat pembaca lebih mudah ketika membaca laporan kamu untuk berpindah ke dokumen yang di inginkan. Dan membuat laporan kamu terlihat lebih professional yang terstruktur dengan baik dan rapih.

Namun, setelah membuat daftar isi di Word, kamu mungkin perlu membuat beberapa perubahan. Kamu mungkin ingin mengubah gaya atau perataan serta menambahkan bagian sub bab yang hilang di daftar isi, atau menghapus bagian yang tidak perlu.

Berikut cara untuk mengedit, memperbarui dan menghapus daftar isi di Word.

Mengedit Daftar Isi di Word

DAFTAR ISI SKRIPSI


Setelah kamu menyisipkan daftar isi, kamu mungkin ingin mencoba gaya yang berbeda atau membuat gaya kustom yang sesuai dengan dokumen Anda.

Mengubah Jenis Tabel Daftar Isi

MENGUBAH JENIS DAFTAR ISI

Di Word, kamu dapat beralih dari daftar isi otomatis ke manual dan sebaliknya. Kamu juga dapat memilih dari dua jenis tabel otomatis yang berbeda.

Untuk mengubah dari jenis daftar isi saat ini, pilih tabel kamu dan klik Daftar Isi tombol di bagian atas tabel. Atau, kamu dapat pergi ke Referensi tab dan klik panah drop-down untuk Daftar Isi di sisi kiri pita.

Pilih jenis yang ingin Kamu gunakan dari menu drop-down tabel Anda saat ini akan diperbarui.

Mengubah Gaya Tabel Daftar Isi


Kamu bisa menyesuaikan gaya tabel daftar isi yang digunakan, seperti menghapus penomoran pada daftar isi atau mengubah Tab Leader.

Untuk memulai pengubahan, masuk ke References tab, klik Drop down pada Table Of Content lalu pilih Custom Table Of Content.


cara kustom daftar isi di word


Setelah tampilan Table Of Content muncul, kamu bisa mulai mengubah tampilan daftar isi sesuai keinginan.

Selanjutnya, kamu akan melihat dua pratinjau daftar isi yaitu Print dan Web preview. Print Preview berguna untuk melihat daftar isi di Word komputer kamu, kamu bisa menyesuaikan tampilan yang diinginkan.

  • Print Preview, Kamu bisa menyesuaikan Tab Leader atau garis pemisah judul dan nomor halaman sesuai yang tersedia di Tab Leader. Menampilkan/menyembunyikan nomor halaman dan garis bawah pemisah judul dan halaman

mengubah tampilan daftar isi

  • Web Preview, Jika kamu akan mempublis dokumen kamu di web, kamu bisa menampilkan atau menyembunyikan link ke setiap judul dokumen.

fungsi web preview di daftar isi word

Bagian General dibawah berfungsi untuk memilih format tampilan daftar isi di dokumen word maupun setelah publish di Web. Serta menampilkan daftar isi sesuai level heading yang dibutuhkan.

menambahkan level heading di daftar isi


Setelah mengubah sesuai tampilan yang diinginkan, jangan lupa tekan tombol OK. Apabila muncul pesan "Do you want to replace the selected table of content?" pilih saja Ok.

Memperbarui Daftar Isi di Word

mengganti judul di daftar isi


Langkah-langkah di atas berguna untuk mengganti tabel pada saat baru menyisipkan, akan tetapi kamu mungkin memperbarui dokumen yang dapat mengubah tabel daftar isi. Misalnya, menambahkan atau merubah judul heading, menambahkan isi dokumen yang lebih banyak.

Setelah melakukan perubahan pada dokumen, kamu harus memperbarui tabel daftar isi supaya nama dan penomoran halaman sesuai dengan dokumen.

Cara untuk memperbarui daftar isi otomatis hanya dengan menekan Update Table di pojok kiri atas daftar isi, lalu pilih mana yang akan kamu update nomor halaman saja atau seluruh tabel daftar isi.

Setelah itu kamu tinggal pilih OK.

Menghapus Daftar Isi di Word

Menghapus daftar isi


Jika dokumen kamu ternyata lebih pendek dari yang kamu perkirakan dan kamu tidak lagi membutuhkan atau menginginkan daftar isi, kamu dapat menghapusnya dengan mudah.

Untuk melakukan ini, pilih tabel dan klik Daftar Isi tombol di bagian atas. Atau, Anda dapat membuka Referensi tab dan klik panah drop down untuk Daftar Isi.

Pilih Hapus Daftar Isi di bagian bawah menu, dan selesai tanpa adanya pesan.




Posting Komentar untuk "Cara Edit, Update atau Menghapus Tabel Daftar Isi di Word"