Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 2010, 2013 dengan Mudah

daftar isi


Membuat makalah atau karya ilmiah skripsi pasti kalian harus menggunakan suatu daftar isi, entah itu aturan pembuatan dokumen atau inisiatif kamu sebagai pembuat dokumen. Format penulisan daftar isi yang penting tapi cukup sulit untuk di terapkan.

Daftar isi berguna untuk lebih mudah ketika membuat dan membaca dokumen, berpindah dari judul halaman ke halaman lainnya tanpa harus mencarinya dari awal.

Daftar Isi Manual dan Otomatis

Membuat daftar isi dapat dilakukan secara manual dan otomatis, untuk membuat secara manual kamu akan lebih kerepotan harus cek judul, sub judul sesuai halaman berapa belum lagi ketika adanya tambahan isi dokumen yang membuat halaman akan berubah dan update daftar isi harus secara manual.

Daftar isi otomatis akan membuat kamu lebih dipermudah, tanpa harus cek judul,sub judul di halaman berapa lalu tulis di daftar isi, kamu hanya tinggal tambahkan saja daftar isi lalu akan otomatis muncul sesuai halaman. Ketika update dokumen kamu hanya tinggal update kembali daftar isinya, otomatis judul akan sesuai halaman.

Alasan Membuat Daftar Isi Pada Makalah atau Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis dll)

Pasti sebelum membuat sesuatu misalnya daftar isi akan memiliki alasan, berikut alasan kenapa harus membuat daftar isi pada makalah atau karya ilmiah kamu.

  1. Membuat dokumen yang dibuat terlihat lebih professional, menjadi lebih terstruktur dan mudah dibaca.

  2. Memberi garis besar isi dokumen dengan mudah kepada pembaca, tanpa harus membuka setiap halamannya.

  3. Membantu ketika proses pembuatan dokumen untuk memasukan atau menambahkan point-point penting pada setiap halamannya.

  4. Ketika adanya review dari penguji serta pembaca, akan lebih mudah pembaca untuk melihat point inti yang akan dibaca pada setiap halamannya. Tanpa harus membuka berurutan halaman dari awal.

  5. Pada saat diskusi akan lebih mudah tanpa harus membuang waktu secara percuma, karena point yang akan di diskusikan dapat di temukan dengan mudah oleh para anggota diskusi.

Membuat Daftar Isi Di Word

Sebelum memasukan daftar isi otomatis perhatikan dulu penempatan judul,sub judul sesuai heading, jadi apabila heading 1 adalah judul maka heading 2 adalah sub judul dan seterusnya. 

Heading harus konsisten sampai akhir dokumen, supaya ketika membuat daftar isi otomatis judul,sub judul akan sejajar dan sesuai.

  • Heading, Gunakan heading pada setiap judul, sub judul dan seterusnya. Untuk lebih mudah tampilkan heading sesuai kebutuhan lalu edit klik modify heading sesuai format ketentuan.

    cara membuat daftar isi word 2010

  • Beri setiap Judul, sub judul sesuai heading yang telah di tentukan. Misalnya Judul (Heading 1), Sub judul (Heading 2), sub sub judul (Heading 3) dan seterusnya.

    cara membuat daftar isi word 2013

  • Setelah menyesuaikan judul,sub judul dengan heading. Langkah selanjutnya adalah membuat daftar isi, Masuk ke Main Tab References lalu arahkan kursor ke menu command Table Of Content di pojok kiri tekan drop down.

    cara membuat titik titik pada daftar isi word 2007

  • Setelah muncul Built-in, pilih Daftar isi otomatis sesuai pilihan kamu lalu tekan satu kali.

    cara membuat titik di daftar isi word 2007

  • Maka akan muncul Otomatis daftar isi sesuai judul yang telah di tentukan.

    daftar isi otomatis manual

  • Supaya Tulisan Daftar Isi Masuk ke Daftar isi, Sebelum menambahkan daftar isi otomatis ketik dulu kata Daftar Isi. Baru tambahkan daftar isi di Table Of Contents lalu hapus kata Contentsnya dan Update daftar isi dengan "Update Entire Table" lalu Ok. Maka akan otomatis masuk ke daftar isi.
        
cara membuat titik pada daftar isi word 2016

Setelah menambahkan daftar isi kamu bisa dengan mudah mengupdate, edit setiap halaman di daftar isi. Ketika selesai menambahkan dokumen atau menghapus dokumen tidak perlu repot lagi.

Gunakan juga penomoran halaman berbeda, biasanya ini digunakan untuk membedakan penomoran pada dokumen sebelum dan sampai daftar isi menggunakan romawi, sedangkan awal BAB atau Judul dimulai dengan penomoran angka dari satu.

Heading Skripsi biasanya lebih banyak lagi, bisa sampai menggunakan heading ke 5 atau 6, dari situlah ketika terlalu banyak heading yang digunakan pada saat membuat daftar isi akan lebih mudah tanpa harus manual.

Akhir Kata

Begitulah cara membuat daftar isi otomatis di word dengan mudah, tanpa harus mengecek setiap halaman dan pembuatannya hanya tinggal klik-klik saja. Semoga artikel ini dapat membantu sesuai kebutuhan kamu. 


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 2010, 2013 dengan Mudah"