Cara Melihat cadangan WA di Google Drive - Despara
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat cadangan WA di Google Drive

cara melihat cadangan wa di google drive


Kamu sebagai pengguna lama Whatsapp riwayat chat akan menjadi sangat penting dalam mengingat percakapan lawas bersama teman sekontak kamu, apalagi kamu sebagai pelaku bisnis online dan untuk check out melalui WA. 

Riwayat pesan akan berguna untuk melihat pemesan mana saja yang belum closingan, belum melakukan pengiriman, follow up untuk testimoni dan info nomor tracking pesanan.

Langkah untuk melakukan cadangan obrolan di aplikasi Whatsapp adalah suatu tindakan yang baik supaya pesan dapat dilihat kembali apabila aplikasi whatsapp atau smartphone kalian mengalami masalah.

Begitulah team Whatsapp sangat memperhatikan untuk penggunanya, walaupun kita mendapat musibah kehilangan Smartphone atau mengganti smartphone terbaru, dengan fitur pencadangan Whatsapp kamu akan tetap bisa melihat obrolan pada Smartphone yang sebelumnya.

Sebelum kamu mulai mencadangkan percakapan, perhatikan dulu syarat apa saja supaya percakapan kita bisa dicadangkan serta dipulihkan.

SYARAT MENCADANGKAN DAN MEMBUKA PENCADANGAN OBROLAN WHATSAPP 

Syarat untuk mencadangkan dan membuka percakapan memang sama persis keduanya, kamu bisa melakukan dua hal ini dengan mengikuti syarat sebagai berikut.

  • Memiliki Koneksi Internet

  • Nomor Telepon Whatsapp Tetap Sama

  • Melakukan Pencadangan Whatsapp Sesuai Durasi yang di Pilih

  • Akun Google Sebelum Pencadangan dan Akan Melakukan Pemulihan Harus Sama

Gunakan fitur backup/cadangan obrolan otomatis, supaya kamu tidak perlu repot harus melakukan pencadangan secara manual.

Syarat yang telah disebutkan diatas paling penting yaitu akun google drive dan nomor telepon whatsapp harus sama, apabila salah satunya tidak ada maka pencadangan tidak akan bisa dilakukan.

Sebelum mulai melihat data pencadangan di Google drive, kamu harus mengetahui bagaimana untuk melakukan backup/pencadangan riwayat obrolan di Whatsapp? Oke, caranya simak sebagai berikut.

Cara Melakukan Back Up atau Pencadangan Obrolan Whatsapp

Langkah pertama sebelum melihat hasil cadangkan obrolan WA adalah mulai untuk back up obrolan, point ini sangat penting supaya langkah kedua bisa kamu lakukan. Nah, berikut langkahnya.

Pertama, Buka aplikasi Whatsapp.

Kedua, Pilih menu > masuk setelan > chat > lalu mulai cadangan chat.

Kamu tinggal klik cadangkan supaya obrolan yang sekarang bisa di mulai di cadangkan.

Pilih juga cadangkan ke Google Drive buat memilih frekuensi cadangan. Kenapa hanya ada bisa ke Google drive? karena layanan ini bisa mendapatkan Cloud gratis sebesar 15 GB hanya dengan memiliki akun email saja.

Ketiga, Apabila kamu tidak mempunyai akun Google di smartphone kamu, tinggal klik tambahkan akun saja ketika diminta.

Keempat, Pilih juga jaringan koneksi internet untuk melakukan pencadangan, mimin sarankan gunakan WiFi karena biasanya pencadangan cukup besar apalagi sudah lama tidak kamu cadangkan.

CARA MEMBUKA CADANGAN WA DI GOOGLE DRIVE

Nah, setelah langkah diatas dilakukan, kamu bisa untuk melihat hasil backup di Gdrive. 

Perlu diingan kembali email kamu harus sesuai dengan ketika proses pencadangan. caranya cukup mudah berikut langkah yang kamu harus lakukan.

Pertama, Login akun Google Drive.

Kedua, Pilih setelan dengan icon roda gigi di pojok kanan sebelah foto akun Gmail, lalu kamu pilih setelan.

Ketiga, Setelah masuk menu setelan, masuk ke kelola aplikasi scroll kebawah hingga kamu bisa melihat Whatsapp Mesengger.

Caranya cukup mudah dan cepat bukan, akan tetapi isi data tersebut tidak kamu bisa buka mentah-mentah pada komputer, harus membukanya via aplikasi whatsapp tersendiri.

Cara Hapus Backup atau Cadangan WA pada Google Drive

Apabila kamu ingin menghapus hasil pencadangan Whatsapp caranya cukup mudah, berikut setiap langkah yang harus kamu lakukan.

Pertama, Setelah masuk ke Google Drive, pilih menu setelan seperti diatas tadi.

Kedua, Pada kelola aplikasi, cari Whatsapp Mesengger biasanya di bawah atau di bagian tengah.

Ketiga, Tekan Opsi, lalu pilih Putuskan dari Drive.

Itulah cara untuk menghapusnya, setelah data di hapus kamu tidak bisa melakukan restore atau pemulihan history obrolan yang lawas.

Cara Untuk Memulihkan Obrolan Whatsapp di Google Drive

Setelah kamu ganti smartphone atau kamu pindah aplikasi dari Whatsapp biasa ke Whatsapp bisnis, dan pencadangan telah kamu lakukan sebelum menghapusnya.

Berikut langkah untuk kamu pulihkan obrolan Whatsapp yang ada di Google Drive.

Pertama, Setelah install dan masuk dengan nomor yang sama, kamu lakukan verifikasi yang dikirim melalui SMS.

Kedua, Setelah identitas kamu isi, langkah selanjutnya akan ada pilihan restore atau tidak. Pilih restore untuk mengambil cadangan obrolan di Google Drive.

Ketiga, tunggu prosesnya hingga selesai, setelah masuk ke layar beranda WA maka akan otomatis tampil obrolan yang sebelumnya.

Memulihkan history chat memang langkah yang bagus, supaya chat yang sebelumnya dapat kamu lihat kembali.

Cara cadangkan WA dari Langkah-langkah diatas dilakukan harus secara berurutan, kamu tidak bisa memulihkan obrolan kalau tanpa melakukan cadangan.


Posting Komentar untuk "Cara Melihat cadangan WA di Google Drive"