Cara Membuat Peta Konsep di Word dengan Mudah dan Cepat - Despara
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Peta Konsep di Word dengan Mudah dan Cepat

peta konsep


Peta konsep merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk seseorang memahami dan mempelajari sebuah teori, mudah untuk dihapan karena tersusun secara detail dan mudah dimengerti.

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa pasti kamu pasti pernah melihat peta konsep yang telah di terangkan oleh guru atau dosen, walaupun kamu masih belum mengetahui definisi peta konsep tersebut. 

Sebagai seorang yang bergerak di dunia pendidikan, bisnis atau bidang lainnya kamu perlu mengetahui cara membuat peta konsep dengan mudah dan cepat.

Apabila kamu mendapatkan suatu tugas untuk membuat suatu peta konsep tidak perlu khawatir, karena hanya dengan menggunakan Microsoft Word sudah bisa membuat susunan peta konsep, tanpa perlu lagi menggunakan aplikasi mind mapping atau tools web.

Ada 2 cara untuk membuat alur peta konsep di Word, entah itu secara manual atau otomatis menggunakan SmartArt.

Mau mulai mencoba? berikut cara mudah untuk membuat Peta Konsep di Word.

Cara Membuat Peta Konsep di Word

Peta Konsep adalah suatu materi yang disusun secara hierarki yang dapat pembaca dan pemater dapat lebih mudah mengerti, materi yang disampaikan hanya intinya saja dan digambarkan secara 2 dimensi.

Untuk mempermudah pengguna Microsoft Word dalam membuat peta konsep, kamu bisa menggunakan cara manual dan otomatis hanya dengan drag and drop.

Kamu tinggal pilih mau cara otomatis atau manual, berikut cara otomatis membuat peta konsep di Word.

Cara Membuat Peta Konsep Secara Otomatis di Word Menggunakan SmartArt

SmartArt memiliki berbagai template untuk membuat peta konsep, struktur organisasi dan sesuai kebutuhan.

Dengan berbagai template yang tersedia bisa digunakan untuk berbagai pembuatan struktur konsep yang digambarkan secara visual, dapat berguna kepada para pemateri dan pendengar lebih mudah di mengerti dan hafar secara sistematis.

Langkahnya sangat mudah, berikut langkah untuk membuat peta konsep dengan SmartArt.

Membuat Peta Konsep dengan SmartArt

  1. Masuk ke halaman baru Microsoft Word.

  2. Pilih menu tab Insert, Pilih SmartArt di kelompok Illustrations untuk masuk ke SmartArt Graphic.


    contoh peta konsep

  3. Setelah terbuka, pilih Hierarchy lalu kamu pilih template yang tersedia sesuai keinginan. Klik Ok dan peta konsep sudah ada.


    membuat peta konsep

  4. Oiya jangan lupa pilih kerta tipe Landscape, karena biasanya peta konsep horizontal. Atau sesuaikan saja dengan kebutuhan peta konsep. Masuk ke Page Layout, pilih Orientation dan pilih Landscape.


    cara membuat peta konsep word

  5. Selanjutnya, isi poin-poin peta konsep di samping kiri kolom Type your text here, atau bisa juga langsung di dalam kotaknya.

    cara membuat peta konsep di word yang bagus

Template untuk peta konsep sudah selesai, untuk mulai mengisi poin-poin materi di peta konsep berikut langkah-langkahnya.

Setiap poin materi kamu bisa menggunakan Enter dan Tab, atau untuk merubah posisi dengan klik kanan lalu pilih Promote, Demote, Move Up, Move Down sesuaikan saja posisi poin tersebut.

Membuat Poin dan Sub-poin Peta Konsep di Word

Untuk mempermudah proses pembuatan poin gunakan kolom Type your text here, apabila tidak tampil kamu masuk ke Design lalu klik Text Pane.

  • Isi di poin utama seperti contoh Bilangan Bulat dan Pecahan, lalu sub-poin di isi dengan pertama Bilangan Bulat, kedua Bilangan Pecahan. Tekan saja enter untuk menambah Poin atau sub-poin baru.


    peta konsep di word

  • Nah, untuk membuat sub sub-poin kamu menambahkan terlebih dahulu dengan Enter lalu bisa menggunakan Tab atau Promote. Posisikan sub sub-poin yang sesuai contoh Sistem Operasi hitung adalah sub sub-point dari Bilangan Bulat, dan sifat-sifat sub sub-point dari Bilangan Pecahan.

    membuat mind map di word

Intinya untuk membuat sub-poin baru kamu bisa menggunakan enter posisi yang kamu inginkan misalnya Bilangan Bulat nah untuk membuat sub-poin baru kamu Enter dengan arahkan kursor ke akhir kalimat dan tekan Enter, lalu tuliskan misal Bilangan Pecahan.

Untuk membuat sub sub-poin tinggal kamu tab saja di kolom yang telah di buat, misal sifat-sifat sub sub-poin dari Bilangan pecahan hanya dengan Tab 1 kali maka posisi akan berpindah.

Mengubah Design Peta Konsep di Word

Supaya peta konsep lebih terlihat bagus kamu bisa mulai merubah tampilannya, hanya dengan memilih warna atau desing yang tersedia.

  • Masuk ke menu tab Design.


    desain peta konsep di word

  • Pilih Change Color untuk merubah warna setiap kolom, terdapat banya accent warna yang bisa kamu pilih.


    ganti warna peta konsep di word

  • Untuk merubah design pilih Styles dan klik more untuk melihat beberapa design, pilih yang kamu inginkan ada beberapa design yang tersedia.

    peta konsep aesthetic word

Selain untuk merubah design dan warna, kamu juga bisa merubah layout peta konsep hanya dengan klik layout yang kamu inginkan, maka otomatis layout akan berubah.

Cara Membuat Peta Konsep Secara Manual

Cara manual ini memang agak sedikit ribet, kamu harus memilih kotak kolom dan membuat garis konektor secara manual dengan memilih jenis garis lalu menarik ke setiap kotak kolom.

Kamu bisa berkreasi sekreatif mungkin apabila membuat peta konsep secara manual, berikut langkah simpel untuk membuat peta konsep manual.

  • Masuk ke tab menu Insert, lalu pilih Shapes.


    template peta konsep word gratis

  • Nah disini kamu bisa memilih Shapes yang diinginkan seperti ouval, trapesium, hexagon dan lainnya. Bahkan kamu bisa membedakan shapes setiap poin kolom.

  • Setelah membuat setiap kolom gunakan lines untuk menghubungkan antara poin kolom, lalu tarik ke urutan kolom supaya bisa terhubung.

    membuat peta konsep word

Cara yang kedua ini memang cukup ribet dan memakan waktu, tetapi kamu bisa lebih menampilkan kreativitas ketika membuatnya.

Karena dibuat manual, kamu harus merapikan tata letak dan posisi setiap kolom yang dibuat supaya dapat terlihat lebih rapih.

Kesimpulan

Kamu bisa membuat peta konsep dengan 2 cara yaitu melalui SmartArt dan manual menggunakan Shapes dan Lines untuk setiap poinnya. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing

Cara membuat peta konsep yang menarik kamu bisa menggunakan cara yang manual, karena bisa lebih bebas memilih shapes dan linesnya, serta kamu bisa memasukan gambar.




Posting Komentar untuk "Cara Membuat Peta Konsep di Word dengan Mudah dan Cepat"