Cara Mengatasi Paper Out Incorrect Loading dan Lampu Berkedip Bersamaan EPSON L120 - Despara
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Paper Out Incorrect Loading dan Lampu Berkedip Bersamaan EPSON L120

lampu berkedip secara bersamaan


Pekerjaan sedang sibuk dengan makalah atau laporan yang menumpuk, belum dikejar deadline untuk mulai persentasi, eh pas mau kamu print dokument untuk persentasi malah error printernya. Kesel, bete dan bingung pasti bersatu dengan kondisi yang mepet. Pasti kalian sebagai pembuat makalah pernah mengalaminya kan, entah kertas tidak mau mencetak dokumen atau lampu printer berkedipan bersamaan sehingga proses print tidak bisa.

Namanya  juga barang elektronik kerusakan tidak bisa diprediksi belum lagi apabila tidak adanya perawatan dari pemilik, ya ibaratkan manusia atau hewan jika kita memiliki pola hidup yang jelek maka kesehatan badan tidak bisa ke kontrol.

Waduh malah panjang lebar pembahasannya yaa, oke sorry dehh. Baiklah apabila kamu pernah mengalami permasalah pada printer seperti disebutkan di paragraf pertama jangan perlu khawatir, dan untuk perbaikan awal tidak perlu ke tempat service printer.

Perbaikannya juga tidak perlu ribet membuka casing, dengan langkah yang simpel masalah akan selesai teratasi. Berikut langkah yang harus kamu lakukan untuk perbaikan.

Cara Memperbaiki Paper Out or Incorrect Loading atau Lampu Berkedip Bersamaan

memperbaiki printer epson lampu berkedip bersamaan


Beberapa hari kebelakang setelah artikel ini di post, mimin pernah mengalami permasalahan printer yang dimana lampu berkedip bersamaan sehingga kertas tidak mau ketarik untuk mencetak.

Dengan waktu bersamaan walaupun beda 1 hari printer saudara mimin juga kena masalah, ketika mau mencetak rol penarik kertas hanya menarik pada sebelah kiri saja alhasil printer tidak bisa mencetak dokumen.

Ternyata permasalahannya pada dua masalah diatas adalah sama, dengan hanya satu solusi printer bisa kembali pulih dan bisa mulai mencetak.

1. Uji coba terlebih dahulu printer kamu untuk mencetak dokumen, atau dengan menggunakan mode Print Test Page. Masuk Control Panel > Pilih Hardware and Sound > Device and Printers > Klik kanan pilih Printer Properties > Lalu pilih Print Test Page.

2. Jika printer muncul lampu berkedip bersamaan atau ada notifikasi Paper Out Or Incorrect Loading, langkah awal kamu bisa gunakan Paper Guide Cleaning.

3. Klik kanan pada printer sesuai langkah point ke 1, lalu pilih Printing Preferences dan masuk ke menu Maintenance pilih Paper Guide Cleaning.

4. Apabila menu maintenance tidak ada di Printing Preferences, kamu harus install terlebih dahulu driverprinter.

5. Masalah masih belum teratasi setelah melakukan langkah diatas, kamu lihat pada penempatan kertas dibawah.

6. Gunakan senter untuk melihat apakah ada sampah atau kertas yang menghalangi.

7. Bulak balik printer supaya sampah terlihat, segera ambil sampah yang ada pada dalam printer.

8. Coba restart ulang printer dengan menekan lama tombol kertas pada printer.

9. Permasalahan selesai teratasi.

Penyelesaian masalahnya cukup singkat bukan, tanpa perlu harus repot untuk membongkar printer dan harus cek bagian apa yang bermasalah.

Memperbaiki Rol Kertas Printer Epson L120

cara mengatasi printer epson lampu berkedip secara bersamaan


Apabila permasalah masih berlangsung setelah mengikuti langkah diatas coba dengan langkah kedua ini, kamu bongkar casing printer periksa bagian area rol penarik kertas, apakah ada yang selip, patah atau terhalang benda asing.

Coba gerak-gerakan rol penarik kertas dengan perlahan dan perlu hati-hati supaya tidak adanya kerusakan tambahan. Dan coba setel ulang kembali printer dengan hanya menyalakan saja dan tekan tombol restar pada tombol kertas.

Permasalahan dapat teratasi, walaupun cara kedua memerlukan alat dan tenaga yang lebih, apa salahnya untuk mencoba sendiri dan sekaligus belajar menjadi mekanik dadakan hehehe.

Cukup sederhana bukan untuk memperbaiki printer epson L120 yang memiliki permasalahan kertas tidak bisa ke tarik serta lampu berkedip bersamaan, inti permasalahannya adalah karena ada benda asing yang menghalangi.

Kesimpulan

Permasalahan yang terjadi karena lampu berkedip bersamaan dan Paper out pr incorrect loading karena adanya benda asing yang masuk, langkah untuk memperbaikinya hanya dengan membuang benda asing tersebut lalu restart ulang printer. Tanpa perlu repot pergi ke tempat service dan merogoh uang saku permasalan dapat teratasi oleh mekanik dadakan hiyaaaa.

 

 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Paper Out Incorrect Loading dan Lampu Berkedip Bersamaan EPSON L120"