8 Manfaat G Suite untuk Pendidikan - Despara
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat G Suite untuk Pendidikan

og suite untuk pendidikan


Sebagai seorang pelajar atau pengajar apakah kamu pernah mendengar tentang G Suite untuk pendidikan? Ini akan menjanjikan untuk menjadi alat yang paling inovatif dalam sektor pendidikan. Semakin berkembangnya teknologi yang mendukung di dunia pendidikan yang berkualitas.

Sekarang pelajar dapat memiliki akses ke sejumlah alat Google gratis untuk membantu studi dan tugas sekolah atau kuliah. Selain itu, kita juga bisa sekolah online dengan kelas virtual.

Usulan Google adalah semakin sedikit kertas semakin banyak belajar. Tidak ada lagi tumpukan kertas dan buku berat. Kini siswa dapat belajar dengan cara yang lebih interaktif, praktis dan menyenangkan.

G Suite untuk pendidikan menghadirkan paket alat pendidikan untuk menyederhanakan dan tidak akan mempersulit pelajar dan guru ketika di kelas.

Apa itu G Suite untuk Pendidikan

G Suite for Education adalah solusi yang dikembangkan untuk tujuan meningkatkan belajar dan interaksi antara pelajar dan guru. Guru dan pelajar dari sekolah atau universitas dapat menggunakan tools Google secara bersamaan dan data disimpan di cloud.

Dari situ, kita sebagai pelajar bisa mengakses materi pelajaran dimana saja dan kapanpun melalui Smartphone atau Komputer.

Data pelajaran terlindungi dengan baik karena di kelola oleh server Google sendiri. Manfaatnya kita bisa melakukan interaksi penuh dengan guru, dan dapat mengajukan pertanyaan serta berbicara langsung dengan guru, semuanya dilakukan secara real time.

Melalui G Suite, guru bisa mengirim tugas, tes pertanyaan lisan atau tulisan dan mengoreksi tugas untuk siswa. 

Kita sebagai pelajar bisa belajar dimanapun dan kapanpun, tidak tergantung oleh jam sekolah sangat sederhana dan praktis.

Keuntungan G Suite untuk Pendidikan 

Tools G Suite untuk Pendidikan yang disediakan oleh Google dapat kita gunakan secara gratis, G Suite dapat digunakan oleh semua sekolah dan universitas dengan dukungan 24 Jam selama 7 Hari tanpa biaya alias Gratis.

Keuntungan besar lainnya adalah semua orang dapat mengikuti materi yang sama dan dapat membagikan materi apa pun yang mereka sukai. Semuanya disimpan dengan aman di server Google.

Dengan tools G Suite dapat membantu siswa dalam belajar yang berkualitas dimanapun mereka berada mau itu di kota atau di pelosok daerah. Serta dapat digunakan oleh perangkat apapun termasuk Smartphone.

Aplikasi G Suite

G Suite untuk Pendidikan sangat berguna bagi dunia pendidikan, berikut jumlah aplikasi yang dikumpulkan dalam satu platform dan hanya dengan satu akun kita bisa mengakses aplikasi berikut:

1. Google Classroom

Yang pertama yaitu G Classroom, aplikasi ini sangat berguna bagi pelajar dengan guru untuk bertemu secara online, entah itu untuk belajar, membagikan tugas, mengerjakan kuis dan kegunaan lainnya.

2. Gmail

Hampir semua orang sudah sering menggunakan Gmail entah untuk mengirimkan file atau mengirimkan surat. Sebagai guru kita bisa mengirimkan nilai ujian, pemberitahuan kelas atau pengumuman dan kebutuhan pengiriman sesuatu kepada murid atau sesama guru.

3. Google Docs

Alat ini sangat bermanfaat untuk kamu ketika sedang menuliskan suatu laporan, melalui browser kita bisa mengakses laporan kita dimanapun dan kapanpun dengan berbagai perangkat. 

Selain itu, kita bisa mengerjakan laporan secara langsung dengan beberapa teman kelas secara online. 

File dokumen yang dibuat akan disimpan di Cloud, langkah ini sangat bagus untuk kamu ketika mengerjakan Skripsi karena data akan tersimpan tanpa khawatir akan perangkat yang digunakan masalah dan data skripsi akan terhapus.

4. Google Drive

Google Drive suatu aplikasi untuk menyimpan berbagai macam file, Google Drive juga bersifat shared drives yang berguna untuk berbagi file ke teman atau guru.

Sebagai pelajar dan guru yang sering membuat laporan atau tugas yang penting kamu bisa menyimpannya di Google Drive supaya file tersimpan secara aman dengan jangka waktu yang lama. 

Apalagi kita sebagai pelajar, mulailah simpan tugasmu dari minggu awal belajar untuk nanti kita bisa hapalkan untuk UTS atau UAS.

5. Google Calender

Google Calender akan berguna bagi kamu sebagai guru, karena dapat merencanakan jadwal pertemuan kuliah dan pengumpulan tugas mandiri atau kelompok.

Siswa akan mendapatkan pemberitahuan jadwal karena dengan disinkronkan dengan akun Google para siswa yang terdaftar.

 6. Membuat Situs Web

OG Suite dapat berguna ketika akan membuat suatu situs website, entah itu tugas kelas atau bahkan proyek sekolah.

Proses develop menggunakan OG Suite kita tidak perlu banyak pengetahuan seputar dunia pemrograman, karena proses developnya sangat mudah digunakan tanpa repot harus coding.

7. Hangouts

Sebagai Guru kamu dapat menyiapkan kelas virtual di Google Classroom dan mengobrol tatap muka dengan siswa melalui aplikasi Hangouts. Serta bisa mengobrol melalui pesan teks atau menjadwalkan pertemuan kelompok melalui konferensi video.

8. Google Vault

Google Vault diibaratkan dengan lemari besi atau berangkas, yang berguna untuk menyimpan informasi dan file terpenting kamu. kamu dapat mengatur sesukanya, mengelola file, mengekspor email penting, akun, dan bahkan membuat laporan.

Menggunakan Google Classroom

Google Classroom adalah salah satu alat terpenting di G Suite untuk pendidikan. Hanya dengan beberapa klik, kamu sebagai guru dapat membuat beberapa kelas untuk mulai pelajaran.

Guru akan dapat dengan mudah membuat tugas dan pertanyaan kuis, dan dapat mengelola semua tugas dan bisa melihat siapa saja siswa yang telah mengerjakan tugas dan menyelesaikannya.Dengan begitu siswa akan selalu mengerjakan tugas sesuai jadwal yang ditentukan.

Selain itu, guru memiliki pilihan untuk mengirim dan melampirkan semua jenis file untuk tugas, video pembelajaran, gambar atau dokumen untuk membantu siswa dalam belajar.


Posting Komentar untuk "8 Manfaat G Suite untuk Pendidikan"