5 Aplikasi yang Akan Membantu Kamu Sebagai Content Creator - Despara
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi yang Akan Membantu Kamu Sebagai Content Creator

Content creator atau dalam Bahasa Indonesia seorang yang pembuat konten mulai dari memproduksi lalu mempublikasi konten berupa video, gambar, suara dan artikel ke berbagai platform yang digunakannya.

Untuk menjadi seorang content creator kamu harus mempunyai kreativitas, supaya konten yang dibuat dapat menarik para followers kamu mulai dari ide, teknik pengambilan konten dan teknik lainnya.

Aplikasi Editing

Selain proses produksi konten, supaya lebih maksimal dalam proses pembuatan kamu harus menggunakan beberapa aplikasi pendukungnya seperti Canva, Adobe Spark, Inshot, PicsArt dan lainnya.

Perlu diingat juga, biasanya beberapa aplikasi akan menerapkan langganan berbayar bulanan atau tahunan untuk bisa menggunakannya. Yaa, sebagai seorang content creator kita harus siap berkorban waktu dan uang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut aplikasi yang akan membantu kamu dalam membuat konten kebutuhan sosial media.

5 Aplikasi Untuk Membuat Konten 

Membuat suatu konten video atau foto kamu bisa melalui SmartPhone atau android, entah itu yang berbayar atau gratis bisa kamu gunakan.

Aplikasi edit video yang bisa kamu gunakan dan gratis salah satunya yaitu Davinci Resolve dan untuk yang berbayar seperti Premier Pro dan After effect.

Daftar 5 aplikasi yang dapat membantu kamu dalam membuat konten sosial media.

1. Canva

Canva adalah salah satu aplikasi terlengkap bagi kamu yang ingin menghasilkan konten untuk media sosial. Canva ini juga tersedia dalam versi web, dan menyediakan template untuk yang bisa kamu edit. Selain template untuk berbagai jenis posting, Canva juga memiliki gambar dasar untuk membuat brand, seperti logo dan elemen pendukung pembuatan logo. Untuk menggunakan Canva, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu menggunakan Email.

canva


Fungsi utama Canva adalah untuk membuat karya visual untuk sosial medai seperti Instagram dan Facebook. Dengan Canva kamu bisa membuat logo yang menyesuaikan desain, font, warna, gambar dan lainnya.

Canva bisa kamu gunakan secara gratis setelah melakukan pendaftaran, akan tetapi ada beberapa template yang bisa digunakan apabila menjadi pelanggan premium. 

Selain itu, Canva bisa digunakan secara team dengan memasukan email kontributor untuk berbagi halaman proyek.

Mengedit video di canva juga bisa kamu lakukan, tanpa harus menginstall
terlebih dahulu hanya melalui website resminya.


2. Adobe Spark

Adobe Spark dibuat dengan tujuan untuk membuat suatu konten visual, yang diciptakan oleh perusahaan di balik Photoshoop dan Illustrator yang tergabung dalam Adobe Family.

Spark digunakan untuk membuat kontek media sosial dengan berbagai format, tetapi fitur yang paling populer adalah memproduksi story instagram berupa animasi atau efek filter.

adobe spark


Adobe Spark yang telah launching sudah dioptimalkan dengan baik dan selalu ada pembaharuan. Pada halaman beranda, template dipisahkan berdasarkan subjek supaya memudahkan dalam pencariak sesuai topik.

Fitur yang ada di Adobe Spark dapat digunakan secara gratis, akan tetapi ada beberapa fitur yang tersedia harus berlangganan seperti setiap konten akan ada watermark, dan untuk menghapusnya kamu harus berlangganan premium.

3. InShot

Aplikasi InShot salah satu aplikasi yang cukup diminati oleh para editor di SmartPhone terutama di android, kamu bisa menggunakan InShot untuk membuat video, foto dan foto kolase. Biasanya para pengguna InShot menggunakannya untuk menambahkan lagu, efek, stiker, menambakan teks dan masih banyak lagi.

inshot pro gratis


Dalam mode gratis InShot kamu akan terganggu pada saat proses produksinya, karena pengguna harus menonton iklam pada saat produksi dan ketika akan di export hasil editing akan ada watermark.

Pada saat mengedit di InShot kamu bisa menambahkan file yang ada di SmartPhone ke template atau menggunakan gambar yang ada di Inshot. Tersedia berbagai filter dan dapat menambahkan transisi video.

4. PicsArt

PicsArt merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengedit atau membuat suatu kreasi foto seperti menambahkan filter, kolase dan template yang tersedia. Dalam mode uji coba gratis selama tujuh hari kamu bisa menggunakannya fitur PicsArt secara maksimal pada SmartPhone Android dan iPhone (iOS).

cara mengganti baju di picsart


Di PicsArt, kamu juga dapat menguraikan desain dari awal untuk media sosial. Cukup pilih opsi latar belakang berwarna dan mulai menambahkan elemen untuk meningkatkan identitas visual. 

Kamu juga dapat mengedit foto dan video yang disimpan di galeri ponsel, dari opsi "Foto" di beranda aplikasi. Inovasi PicsArt adalah kemungkinan melakukan pengeditan yang lebih profesional, seperti menggunakan efek buram, menyorot elemen dengan latar belakang buram.

5. Mojo

Mojo dapat berguna membuat suatu story video atau foto dengan dimudahkan dengan berbagai fitur menarik di aplikasi Mojo. Tersedia juga berberapa template siap pakai yang tersedia.

mojo pro ios


Aplikasi ini memiliki efek khusus yang dapat membuat cerita kamu lebih kreatif dan terlihat unik di media sosial. Akses ke aplikasi ini gratis untuk ponsel Android dan iPhone (iOS), tanpa perlu mendaftar untuk mengaksesnya. Beberapa fitur lainnya hanya tersedia untuk pengguna dengan langganan berbayar.

Pada proses pembuatan story kamu bisa menggunakan file yang tersedia di galeri kamu, untuk menghasilkan story yang keren ada juga fitur penambahan transisi, teks, musik dan fitur lainnya. Setelah proses editing kamu bisa menyimpannya di galeri atau langsung upload ke sosial media.

Aplikasi editing tanpa watermark Mojo tidak akan terlihat setelah publikasi, akan terlihat bersih dari logo aplikasi editing.

Akhir Kata 

Sebagai influencer atau content creator kamu harus siap memiliki skill pengambilan foto atau gambar serta proses editing hasil dari jepretan kamu.

Tersedia berbagai aplikasi editing yang bisa kamu gunakan di komputer atau SmartPhone kamu, aplikasi yang digunakan tersedia secara gratis dan berlangganan. Beberapa aplikasi akan menerapkan biaya berlangganan setiap bulan atau tahun untuk bisa menggunakan fitur secara maksimal dan menghilangkan watermark.

Posting Komentar untuk "5 Aplikasi yang Akan Membantu Kamu Sebagai Content Creator"