Cara Sync Google Drive di Windows - Despara
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sync Google Drive di Windows

Cara Sync Google Drive


Sync Google Drive.  Pada teknologi sekarang kebanyak orang menyimpan file penting pada media penyimpanan komputer, laptop, smartphone bahkan pada teknologi penyimpanan Cloud.

Apakah kamu pernah mengalami? ketika menyimpan file di komputer atau smartphone hilang permanen entah itu secara tiba-tiba atau terpaksa karena device perlu di uninstall. File yang hilang pada device kemungkinan tidak bisa di kembali lagi, apalagi tidak punya backup file pasti pusing deh.

Dengan teknologi Cloud Computing data kamu aman tanpa perlu khawatir ketika device tidak bisa lagi dipakai. Oleh karena itu, untuk menghindari kehilangan data kamu harus mulai backup data pada penyimpanan Cloud.

Apa Itu Cloud Computing?

Sebelum masuk ke pembahasan alangkah baiknya kamu mengetahui apa itu Cloud Computing? Sederhananya Cloud Computing (komputasi awan) adalah suatu metode penyimpanan sumber daya melalui jaringan internet, penyimpanan file di pusatkan pada satu server sehingga file akan aman disimpan dan bisa digunakan dimana saja.

Cara Kerja Cloud Computing di perantarai menggunakan jaringan internet untuk mengelola data yang ada di pusat server, untuk mengakses file kamu harus login terlebih dahulu atau apabila aksesnya dibuka kamu bisa bebas masuk ke filenya.

Setelah login ke platform aplikasi lalu ada perintah yang telah kamu lakukan, maka data akan diterima oleh server lalu kamu akan menerima file atau halaman sesuai perintah yang telah dilakukan. Contoh platform Cloud Computing adalah Google Drive, AWS, AlibabaCloud, Drop Box dan lainnya.

Oleh karena itu, kamu harus mulai menyimpan atau backup file di Cloud Computing salah satunya Google Drive, karena hanya dengan mempunyai Gmail saja kamu sudah mendapatkan penyimpanan 15 GB secara gratis.

Cara Mensinkronkan Google Drive

Sebagian orang pasti pernah menyimpan file di Google Drive entah itu dokumen atau foto dan video. Selain untuk menyimpan file kamu bisa mesinkronkan file yang ada di windows kamu dengan Google Drive.

Berikut langkah untuk mulai melakukan sinkron google drive dengan windows secara singkat dan mudah.

Langkah pertama : Mulai Unduh Google Drive melalu link ini, lalu pilih Download Drive for Desktop.

cara sinkron google drive dengan laptop


Langkah kedua : Setelah Proses mengunduh selesai, mulai kamu Install ulang Googledrivesetup.exe. Setelah selesai klik tombol Get Started. Login dengan Gmail pribadi kamu.

cara sinkron google drive di pc


Langkah ketiga : Pada bagian ini kamu bisa memilih folder mana saja yang akan di backup, Pilih Choose Folder untuk memilih folder di komputer kamu.

 

cara menghubungkan google drive hp ke komputer

Apabila muncul pesan tampilan "Sync files from my drive to a folder on this computer" Klik tombol GOT IT.

Langkah keempat : Apabila kamu akan mensinkronkan file yang ada di Google Drive ke dalam komputer kamu, centang saja Sync My Drive to this Computer jika tidak ingin uncentang saja.

cara backup and sync google drive


Tunggu saja proses sinkron file yang ada di komputer kamu hingga selesai, setelah selesai kamu bisa melakukan cek file yang ada di Google Drive pada My Computer, dan lihat filenya apakah sudah sesuai yang ada di file komputer kamu.

Langkah untuk Sync Google Drive ke PC sudah selesai kamu lakukan, dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi akan terjadinya kehilangan data entah karena kerusakan komputer atau ketidak sengajaan file terhapus. 



Posting Komentar untuk "Cara Sync Google Drive di Windows"