Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEJARAH GAYA RAMBUT GONDRONG MAHASISWA ERA 70'AN

    


Mahasiswa merupakah salah satu bagian dari pemuda yang masih ingin menemukan jati diri, itu merupakah suatu hal yang penting untuk mahasiswa karena menjadi simbol kedewasaan diri. Hal tersebut menjadi mahasiswa ingin mencoba hal yang baru yang belum pernah dirasakan olehnya. Keinginan mahasiswa untuk mencoba hal baru karena adanya suatu budaya baru dari lingkungannya, karena sebelumnya mereka masih sekolah dan dibatasi oleh aturan sekolah tentang perihal gaya diri dan berpakaian.

Sejarah Rambut Gondrong


Rambut merupakan salah satu untuk menandakan gaya khas dari seseorang, gaya ini sangat kuat dimiliki oleh seseorang karena terlihat secara fisik langsung, gaya tersebut ditentukan oleh berbagai macam gaya model rambut, salah satunya yaitu rambut gondrong. Rambut gondrong adalah dimana rambut yang ada dikepala dibiarkan panjang oleh seorang laki-laki, karna gondrong identik ditunjukan kepada laki-laki yang rambutnya panjang, pada tahun 1970an rambut gondrong menjadi trend dan pergaulan bagi para generasi muda di Indonesia, karena dipengaruhi oleh budaya barat yang masuk yang dibawa melalui pemain musik rock. Maraknya grup musik barat yang masuk ke Indonesia menjadikan konsumsi baru masyarakat, tak luput dari para generasi muda yang menggandrungi konsumsi musik barat. Media juga menjadi salah satu alat yang sangat berpengaruh dalam budaya sosial, karena memberikan informasi yang luas dan mudah kepada seluruh masyarakat kemudian menjadi konsumsi masyarakat karena memberikan suatu gambaran yang ideal terhadap gambaran tubuh seseorang. Musik rock yang sedang naik daun di dunia barat, memberikan pengaruh juga terhadap perkembangan musik di Indonesia. Musik rock pada tahun 1970'an identik dengan rambut gondrong dan penampilan yang nyentrik, hal tersebut mempengaruhi bagian generasi muda khususnya mahasiswa. Dalam musik Rock memiliki tema-tema yang terkesan lugas, terbuka, bebas dan kritis, aliran musik rock ini sangat dinikmati oleh generasi muda termasuk mahasiswa, yang membuat semangat dan dapat memacu adrenalin bagi pemain musik ataupun penikmat musik.

filosofi rambut gondrong mahasiswa

Mahasiswa Rambut Gondrong


Rambut gondrong menjadi salah satu budaya populer yang menjadi simbol dan trend di kalangan pemuda, pada tahun 1970'an tidak sedikit mahasiswa menjadikan rambut gondrong sebagai style apalagi mahasiswa jurusan teknik. Menjadi mahasiswa gondrong merupakan keinginan untuk menjadi berbeda dari mahasiswa yang lainnya, apalagi ketika masa sekolahnya sering dirajia oleh bagian bimbingan konseling merasa ingin balas dendam, Karena ingin berbeda dari mahasiswa jurusan yang lain karena sebagian jurusan di perkuliahan tidak diperbolehkan berambut gondrong apalagi jurusan perguruan, bisa juga ingin menunjukan bahwa pada saat ini saya telah sah menjadi mahasiswa karena tidak ada aturan soal rambut disekolah atau di pekerjaan bagi siswa sma/smk yang telah lulus. 


alasan mahasiswa gondrong


Kebudayaan barat yang masuk ke Indonesia menjadikan acuan bagi mahasiswa dalam menentukan stylenya. Tidak sedikit mahasiswa yang terinspirasi style melalui idolanya seperti musisi, aktris dan seniman dari mulai berpakaian, gaya hidup bahkan sampai gaya rambut. Gaya rambut gondrong yang melekan kepada mahasiswa pada tahun 1970'an memberikan makna terhadap mahasiswa tentang gaya rambut gondrong, pertama yakni kebebasan dalam hal berekspresi dan membebaskan diri dari belenggu peraturan pada masa waktu sekolah, kemudian yang kedua memberikan kepercayaan diri karena terlihat berbeda dari mahasiswa yang lainnya, yang terakhir yakni menjadi jati diri, karena rambut gondrong identik dengan para seniman, musisi dll.

Source :  Dwi Lestari, H. E. S. T. Y. (2019). Gaya Rambut Gondrong Mahasiswa Malang Era Dekade 1970'an. Avatara, 7(1).












Posting Komentar untuk "SEJARAH GAYA RAMBUT GONDRONG MAHASISWA ERA 70'AN"