Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Arus Sungai Arung Jeram di Pangalengan Bandung

Arung Jeram atau bisa disebut Rafting adalah kegiatan outdoor yang menggunakan perahu karet serta dayung dengan jalur air sungai yang cukup deras yang sering digunakan untuk mengarungi dari titik awal rafting hingga akhir. Kegiatan Arung Jeram sangat seru apabila dilakukan bersama keluarga atau teman-teman, karena ketika arung jeram membutuhkan kerjasama pada saat menjalankannya serta bermanuver dari rintangan batu dan air terjun, apabila tidak adanya kerjasama antara team perahu sulit ketika mengarungi sungai sampai bermanuver terkadang bisa saja tersangkut bebatuan atau jatuh ketika melewati air terjun. Banyak sekali daerah yang memiliki wahana wisata Arung Jeram seperti Bogor, Malang, Bandung dan banyak kota lainnya. Daerah Bandung saja memiliki beberapa tempat Arung Jeram seperti Ciwidey, Lembang dan Pangalengan.




Arung Jeram di Pangalengan

Selain pendakian saya juga sangat suka dengan wahana wisata air seperti arung jeram, kali ini saya beserta saudara mengunjungi wahana wisata arung jeram yang berada di Pangalengan Bandung Selatan, Jarak tempuh apabila kita dari Kota Bandung kurang lebih 1 Jam - 2 Jam tergantung kendaraan yang kita pakai apabila menggunakan kendaraan motor maka akan lebih cepat karena didaerah Baleendah sampai Banjaran arus kendaraanya cukup padat merayap. Untuk perjalanan saya dari daerah Cibaduyut menggunakan kendaraan motor menghabiskan 1 jam 10 menit hingga sampai Titik Point Situ Cileunca untuk mulai Arung Jeram. Apabila hendak arung jeram kita bisa melakukan booking online terlebih dahulu melalui Website dan Contact yang bisa dihubungi, atau bisa datang ke lokasi yang berada di daerah pesisir situ cileunca. Biaya yang dikeluarkan untuk Arung Jeram di Pangalengan sebesar Rp. 120.000 dan Rp.150.000 beserta makan 1x setelah pulang dari titik finish arung jeram, mungkin setiap penyedia jasa layanan harganya dapat berbeda kebetulan saya tidak survei harga dari beberapa penyedia. 

Setelah istirahat sejenak kita lalu bergegas ke tempat pendaftaran arung jeram sambil melunasi biaya dan mengisi biodata perwakilan dari team, setelah melewati proses pendaftaran lalu kita diarahkan ke lapangan di pinggir situ cileunca sambil diberikan arahan ketika kita melewati air terjun, apabila ada batu dan perahu tersangkut harus bagaimana dan pemanasan kecil sebelum mulainya petualangan wisata arung jeram, tidak lupa menggunakan peralatan keamanan seperti pelampung dan helm safety.

Pelampung dan Helm safety telah terpakai secara baik lalu kita menaiki perahu hanya instruktur yang menggunakan dayung sendiri kita hanya cukup mengikuti instruksi yang diberikan oleh instruktur, sebelum ke jalur sungai arung jeram kita harus melewati situ cileunca yang luas terlebih dahulu, jarak untuk ke jalur sungai yaaa kurang lebih 100 meteran, setelah kang instruktur mendayung menjauh dari titik point star kita berhenti dan turun sejenak dari perahu untuk melewati jembatan yang menghalangi antara situ cileunca dan sungai.

Jembatan Pembatas antara Situ Cileunca dan Sungai 


Sungai Jalur Arung Jeram

Jalur Arung Jeram di Pangalengan

Setelah turun dari perahu kami bergegas untuk menyebrangi jalan raya dan jembatan perahu yang kita tumpangi diangkat oleh petugas yang berjaga dijembatan, untuk melewati jembatan dan diturunkan menggunakan pohon bambu yang ditata seperti rel kereta untuk mempermudah perahu dibawa dari atas ke bawah. Sebelum kita mulai petualangan tidak lupa berfoto suka ria untuk menjadi dokumentasi berharga, sambil menunggu antrian perahu untuk diturunkan ke sungai supaya tidak terjadinya kemacetan di jalur sungai arung jeram.

Kondisi air sungai di Arung Jeram pangalengan deras dan stabil karna air yang mengalir bersumber dari hulunya yaitu situ cileunca sehingga apabila anda ingin berkunjung ke arung jeram pangalengan pada musim kemarau tidak perlu khawatir karena airnya bersumber langsung dari situ cileunca.

Petuangalan dimulai, baru saja melewati satu air terjun kita sudah mendapat kesulitan dari mulai tersangkut dan perahu sudah dipenuhi air untungnya ada petugas yang membantu dipinggiran sungai, berhenti sejenak supaya air didalam perahu surut sambil mengingatkan kembali kode dari instruktur ketika melewati rintangan air terjun dan bebatuan. Setelah cukup surut kami mulai kembali perjalanannya baru saja maju beberapa meter sudah disuguhi dengan air terjun kembali dan bebatuan yang berada di tengah jalur sungai dan kami berteriak sambil menyebutkan yel-yel sehingga terjadinya kerjasama dalam team supaya mudah ketika melewati rintangan yang ada di jalur sungai hiyaaaa...

Rintangan di Jalur Arung Jeram Pangalengan




Rintangan Batu di Arung Jeram Pangalengan


Team beserta saya yang motret :)



Pada saat di jalur sungai kami bertemu dengan beberapa kelompok lain dengan rompi pelampung yang berbeda warna dan disana kami melakukan yel-yel "Tim biru Go Go Go" membuat kita menjadi semangat dan kelompok lain melakukan balasan yel-yel sehingga pada saat di jalur sungai menjadi asik dan ceria. Selama 30 menit petualangan di jalur sungai kita terus di gempur dengan beberapa air terjun dan bebatuan yang besar serta kecil dan baju kami basah kuyup karena keseringan melewati air terjun dan masuk ke perahu, oiya ketika kita melewati air terjun instruktur akan meneriaki dengan keras BOOM!! lalu kita harus melakukan posisi turun dan jongkok kebawah pijakan perahu supaya tidak terpental ke depan atau samping, dan apabila tersangkut perahunya instruktur akan menerikai KIRI!! apabila akan berbelok kekiri dan kita menarik tali barengan ke kiri dan apabila ke kanan instruktur akan meneriaki KANAN!! lalu kami menarik tali ke posisi kanan, instruksi itu supaya mempermudah ketika perahu tersangkut ke bebatuan atau pohon dan tidak menyulitkan instruktur yaaa begitulah kita selaku dalam satu team harus bekerjasama dalam kondisi suka maupun duka.

Istirahat di Kampung Singkur dan Sungai Rahong  


Setelah melewati obstacle jalur sungai arung jeram kita dan semua kelompok istirahat di sungai rahong, ya ketika kita arung jeram di pangalengan kita bisa sekalian masuk ke Taman Wisata Sungai Rahong dan Kampung Singkur. Di sungai rahong banyak sekali pengunjung yang menikmati air sungai yang sejuk dengan adanya kolam khusus untuk berenang serta berfoto ria di pohon pinus dan jembatan yang indah, di sungai rahong kita bisa istirahat sambil jajan cemilan atau sambil makan mie terdapat warung warga di wisata sungai rahong, dan apabila kita tidak membawa uang karena di simpan di tempat pendaftaran kita bisa membayar ketika di titik start nanti dengan membayar ke instruktur dan nanti akan di bayarkan ke warung yang ada di sungai rahong.

Jembatan yang Berada di Sungai Rahong Pangalengan



Tempat Istirahat di Wisata Sungai Rahong


Kami istirahat di Sungai Rahong selama 10 Menitan, lalu melanjutkan perjalanan menuju titik finish arung jeram selama di perjalanan kita di suguhi dengan berjajaran pohon pinus dan ada juga Taman Wisata Kampung Singkur yang berjajar bangunan villa yang terbuat dari pohon bambu. Jalur setelah titik istirahat sungai rahong agak lumayan tenang dan hampir tidak ada lagi air terjun yang dipenuhi selama jalur sebelumnya, Lebih kebanyakan rintangan bebatuan dan ranting pohon di jalur kita menemui beberapa warga yang sedang memancing dan sambil sekedar menyapa dan permisi untuk melewatinya, arus sungai sudah mulai tenang dan di atas pinggiran sungai sudah ada banyak rumah warga yang berjejer. Titik Finish Arung jeram sudah terlihat dan instruktur memberi informasi apabila yang mau berenang silahkan karena arusnya sudah lumayan tenang, yaa sebetulnya kami masih belum puas lanjut saja berenang di sungai lumayan sambil memuaskan diri saja.

Setelah naik dari sungai kami mulai bergegas menuju kendaraan yang akan mengangkut kita untuk ke titik start awal sebelumnya, dalam satu mobil hanya kelompok kita saja yang menaiki mungkin satu mobil diisi oleh satu kelompok saja. Di Perjalanan kita disuguhi hamparan perkebunan teh yang luas, dan ada juga beberapa rumah warga yang lumayan cukup jauh dari pemukiman satu ke pemukiman lainnya.

Kendaraan yang ditumpangi untuk menuju titik awal


Hamparan Perkebunan Teh di Perjalanan Menuju Titik Awal

Petualangan dari Titik awal Situ Cileunca sampai Titik Akhir Arung Jeram kelompok saya menghabiskan waktu selama 63 Menit, ya tergantung kita kerjasama team pada saat di jalur sungai dan istirahat di Sungai Rahong. 

Oiya apabila kalian setelah melakukan arung jeram di pangalengan jangan lupa main juga ke sunrise point yang berada di cukul, ya sekedar ngopi atau mengambil gambar perjalananpun tidak lama dari situ cileunca ke sunrise point cukul, kurang lebih 20 menitan.

Terima kasih telah membaca.

Posting Komentar untuk "Menikmati Arus Sungai Arung Jeram di Pangalengan Bandung"