Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Contoh Bisnis Online untuk Pelajar dan Mahasiswa

bisnis online untuk pelajar


Bisnis online untuk pelajar dan mahasiswa bisa menjadi alternatif untuk kamu yang ingin menambah uang jajan atau menabung. Selain tambahan uang bisnis ketika menjadi pelajar bisa menambah pengalaman dan pengetahuan untuk masa depan nanti.

Selain itu, kamu bisa membantu beban orang tua untuk biaya sekolah dan kebutuhan sehari-hari apalagi yang memiliki adik atau kaka yang lebih dari satu.

Apabila kamu memiliki mental yang kuat, kamu juga bisa berbisnis offline supaya produk yang kamu jual cepat laris, kamu hanya siapkan mental yang kuat dan jago komunikasikan produk yang kamu jual.

Ide bisnis online untuk pelajar dan mahasiswa sangat banyak sekali, apalagi dengan kemajuan teknologi yang dapat mempermudah semua orang untuk mencari informasi yang dicari. Bisnis secara online juga bisa dilakukan dengan modal yang cukup dan tanpa modal sama sekali.

Bisnis online tanpa modal untuk pelajar dan mahasiswa cukup banyak asal kamu berani bertanya kepada teman, tetangga atau saudara kamu. Seperti menjadi reseller produk kuliner tetangga hanya bermodalkan posting di Sosial media atau promo ke teman, atau menjadi reseller online.


Rekomendasi Jualan Online untuk Pelajar dan Mahasiswa

Nah, apabila kalian memiliki kebingunan mau berbisnis terhambat dengan modal, jangan perlu khawatir kamu masih bisa tetap bisnis ko!, berikut daftar bisnis online untuk pelajar dan mahasiswa yang tanpa modal dan menggunakan modal.


Ide Bisnis Online untuk Pelajar dan Mahasiswa

1. Menjadi Reseller

Ingin berbisnis tapi bingung akan hal produksi karena terbatas akan waktu di sekolah atau kampus? Nah, ini bisa menjadi solusinya kamu hanya tinggal cari supplier yang memberikan harga grosir untuk dijual kembali sehingga harga dapat bersaing di pasaran, biasanya supllier bisa memberikan diskon dengan minimal pembelian.

Perhatikan dulu produk yang ingin dijual apa ramai digunakan di pasaran, untuk awal kamu usahakan stok barang secukupnya saja apalagi jiwa yang masih muda dan labil karena lihat bisnis yang lain ramai kamu jadi ingin mengikuti, dan produk yang di stok tidak fokus dijualnya atau mempromosikan.

Jangan lupa kewajiban pendidikan kamu ketika bisnisnya sedang ramai pembeli, apalagi sampai ditinggalkan walaupun pendidikan bukan faktor utama yang mempengaruhi kesuksesan seseorang.

Daftar reseller gratis juga bisa lho, kamu hanya tinggal cari toko atau website yang menyediakan layanan reseller gratis tanpa harus stok barang, hanya tinggal jualan aja.


2. Menjadi Dropshipper

Dropshipper berbeda dengan reseller, kamu sebagai penjual tidak perlu ada stok produk, packing produk dan produksi kamu hanya bermodalkan katalog produk. Skema dropship, pembeli membayar uang ke dropshipper lalu dropshipper membayar uang produk dan data pembeli ke supplier lalu supplier mengirim produk ke pembeli.

Cara menjadi dropshipper sangat mudah kamu tinggal promosi produk ke teman atau posting di sosial media. Biasanya supplier jarang memberikan harga grosir kepada dropshipper, Kamu harus rajin promo produk supaya jangkauan orang yang mengetahui produkmu menjadi luas dan bisa bersaing dengan online shop lain.


3. Membuka Usaha Kuliner Online

Kamu yang hobi memasak bisa membuka usaha kuliner secara online, apalagi mempunyai teman di sekolah yang banyak tinggal promoin ke teman melalui sosial media kamu.

Nah, apabila kamu tidak bisa memasak dan masih kukuh ingin usaha kuliner, kamu bisa mencari supplier usaha kuliner atau bisa menjual masakan hasil orang tua.

Apabila kamu sibuk dengan sekolah kamu bisa lakukan bisnismu secara pre-order, catat terlebih dahulu pembeli lalu keesokan atau sore harinya antar pesanannya. Jadi pendidikan kamu tidak terganggu dan usaha kuliner lancar. 


4. Jualan Online di Marketplace

Semua orang pasti pernah berbelanja secara online, apalagi banyak sekali produk yang dapat dicari di marketplace. Ini bisa menjadi solusi kamu berjualan di Marketplace.

Banyak sekali platform marketplace saat ini, kamu tinggal pilih saja apa marketplace yang ingin di pakai atau kalau bisa semuanya. 

Kamu bisa jual produk hasil karya sendiri, produk orang tua apabila usaha, saudara kamu yang memiliki produk atau teman dan tetangga kamu. Nah apabila masih tidak ada produknya tinggal cari saja di marketplace produk yang dibawah harga pasaran lalu kamu bisa jual kembali.


5. Membuka Jasa

Hobi desain, edit video atau foto dan bisa ketik sepuluh jari dengan lancar, kamu bisa kemampuan kamu untuk mendapatkan CUAN. Kamu bisa cari orang yang membutuhkan jasa sesuai kemampuanmu.

Mencari orang yang membutuhkan jasa kamu bisa menggunakan Forum facebook, website freelancer atau promosikan kemampuan kamu di sosial media sehingga teman atau orang lain menjadi tertarik menggunakan jasa kamu.

Untuk bisnis jasa online apabila ada seseorang yang tertarik, usahakan membayar down payment (DP) supaya adanya keterikatan yang pasti, dan tenaga kamu tidak sia-sia karena si pemesan tidak jadi.


6. Menjadi admin media sosial

Pada tahun 2019 di DKI Jakarta persentase pelaku usaha online sebesar 36%, terus bertambahnya tahun pelaku usaha online bisa bertambah pesat. Ini peluang kamu untuk menjadi admin media sosial sebagai freelance sesuai waktu luang sehabis sekolah atau kuliah.

Apalagi pelaku usaha yang baru terjun secara online, kamu bisa kelola toko onlinenya seperti memasukan foto katalog, promosikan toko online, atau membalas pembeli.


7. Menjadi Affiliate Marketer

Kamu yang memiliki banyak teman, saudara atau sahabat kamu bisa memanfaatkannya untuk affiliate marketer. Kegiatan dimana kamu menarik orang lain untuk berbelanja dengan kode yang kamu miliki secara menekan link yang tersedia. 

Sebagai affliate marketer nanti kamu akan mendapatkan komisi dari jumlah pembelian yang dikumpulkan melalui link affiliate milik kamu. Tidak perlu repot iklan, pengiriman dan tidak menggunakan modal.


8. Jual Pulsa dan Paket Data

Semua orang yang menggunakan smartphone pasti memerlukan pulsa dan paket data, malah hampir tidak ada smartphone yang tidak memiliki pulsa atau paket data. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk mulai berjualan pulsa dan paket data, apalagi berjualan di sekolah atau kampus yang bebas smartphone pasti banyak sekali yang membutuhkannya.

Cara jualan pulsa sangat gampang, kamu tinggal cari saja agen pulsa atau aplikasi agen pulsa untuk mendaftar, setelah itu isi deh saldonya untuk mulai berjualan.


9. Membuat Blog

Jika kamu memiliki hobi menulis, kamu bisa manfaatkannya menjadi seorang blogger. Kamu bisa memilih topik yang sesuai dengan kesukaan. Perbanyak karya tulisan kamu di blogger jangan lupa gunakan teknik SEO untuk memperbanyak pengunjung blog kamu.

Setelah karya tulisan kamu dan traffik pengunjung cukup banyak, kamu bisa daftarkan blog kamu di Google Adsense atau advertiser lain (seperti Adsterra, MGID, AdNow dll). Selain daftar di penyedia iklan, kamu bisa mendapatkan uang dari content placement, review produk.


10. Jasa Pembuatan Artikel

Kamu setelah mempublikasikan tulisan kamu di blogger, tapi masih belum sabar ingin mendapatkan uang kamu bisa menjadi jasa pembuatan artikel. 

Banyak sekali blogger lain yang membutuhkan jasa pembuat artikel, mungkin karena kejar jam tayang atau kesibukan pekerjaan lain. Kamu bisa cari orang yang membutuhkan artikel di Forum facebook, freelancer dan forum lainnya.


11. Vlogger

Hampir sama dengan blogger, vlogger berupa karya kamu yang dapat dinikmati secara visual atau video suara. Banyak sekali konten yang bisa dibuat seperti memasak, review produk, mendaki gunung dan konten lainnya.

Untuk saat ini banyak sekali yang orang yang mulai terjun ke Youtube dengan konten Video Blogging. Menghasilkan uang vlogger sama dengan blogger, kamu jika ingin jadi vlogger harus siap mental dan keberanian berbicara.

Vlogger maupun Blogger kamu bisa memilih keduanya, akan tetapi keduanya memiliki tantangan yang berbeda kamu bisa pilih saja sesuai hobi dan kemampuanmu.


12. Streamer

Kamu suka bermain game? nah, ini bisa menjadi penghasil uang.

Streamer adalah orang yang melakukan siaran langsung ketika bermain game, banyak sekali platform streaming online seperti youtube, Nimo, Tiktok Live dan platform lainnya.

Sebagai streamer kamu bisa mendapatkan uang dari hasil gift dari penonton, donasi atau kontrak live dengan menggunakan brand tertentu. Apabila kamu tertarik menjadi streamer kamu bisa pilih game yang sedang populer, supaya viewers kamu banyak dan betah.


13. Membuat Podcast atau Menceritakan sesuatu

Saat ini podcast adalah konten yang digemari di Youtube. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan momentum ini dengan membuat podcast, kamu bisa ajak teman atau saudara kamu menjadi narasumber dengan tema yang ringan sesuai kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, apabila bingung membuat podcast karena narasumber dan topik apa yang ingin di bahas. Kamu bisa menceritakan sesuatu entah pengalaman, sejarah, topik terhangat dipadukan dengan animasi ringan supaya viewers betah di konten kamu.

Setelah kanal podcast atau membahas cerita sukses kamu bisa mendapatkan uang dari adsense atau brand lain yang bekerja sama dengan kamu. 


14. Jual Barang Thrift atau Preloved

Memiliki barang yang tidak terpakai pasti menumpuk dan bingung harus dikemanakan. Kamu bisa menjual barang yang tidak dipakai layak pakai di sosial media kamu, itulah yang disebut Preloved banyak sekali orang - orang yang melakukan ini untuk mendapatkan uang dari barang yang tidak terpakai.

Jual thrift mungkin bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang, dengan modal minim kamu bisa cari cara mendapatkan barang thrift untuk dijual bisa ke pasar cimol atau beli satu bal. Kamu harus pintar mencari barang dan merk yang akan dijual, supaya nanti barang yang dijual mendapatkan hasil yang lumayan.

Kegiatan ini tidak akan menyita waktu yang banyak, kamu tinggal posting di sosial media lalu promosikan, nah setelah ada yang membeli tinggal kirim di waktu yang kosong.


15. Menjadi Selebgram atau Influencer

Yang terakhir, mungkin ini memerlukan konsisten pada diri kamu.

Untuk menjadi seorang selebrag atau influencer kamu harus konsisten posting konten foto atau video pada sosial media.

Kamu bisa fokus terlebih dahulu pada satu konten supaya personal branding kamu menjadi kuat. Followers dan engagement akan meningkat sendirinya apabila personal branding kamu kuat.

Setelah kamu terkenal sebagai selebgram atau influencer kamu bisa mendapatkan uang dengan cara kerjasama brand atau menjual produk kamu dengan cukup mudah. 


Akhir Kata

Begitulah cara bisnis online untuk pelajar dengan modal atau tanpa modal. Bisnis yang tidak perlu menyita waktu yang banyak dan kamu bisa fokus ke pendidikan. Kamu bisa memulainya dari sekarang supaya nanti dapat menikmati hasilnya pada saat usia masih muda.

Adakah ide bisnis online untuk pelajar dan mahasiswa di atas yang ingin kamu mulai. Semoga apa yang akan dimulai mendapatkan hasil yang terbaik untuk masa depan kelak. 


Posting Komentar untuk "15 Contoh Bisnis Online untuk Pelajar dan Mahasiswa"